oleh

Jelang UNBK, Ribuan Pelajar SMA di Sumsel Ikuti Try Out Akbar

Kolom:Pendidikan|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Menjelang ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sekitar 8.000 an pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII sederajat se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memadati Palembang Sport and Convention Center (PSCC) untuk mengikuti try out (TO) akbar, Senin (02/04).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Pendidikan. UNBK yang disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Try Out sekaligus menyemangati seluruh pelajar agar menggunakan kesempatan sebaik mungkin.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, semoga sukses untuk anak-anakku sekalian. Nah yang ado disini beruntung, tapi bagi yang belum mempunyai kesempatan ini bisa belajar sendiri, melalui bimbingan-bimbingan di kotanya masing-masing. Semangat untuk anak-anakku sekalian, setelah itu berjuang kembali melanjutkan sekolah masuk ke universitas, untuk pendidikan yang lebih baik,” tuturnya.

Baca juga :  Program Bedah Kampung Disambut Bahagia Oleh Warga

Ia menyampaikan, agar pelajar berbangga berada di Provinsi yang saat ini menjadi lirikan dunia. Sebab hanya ada dua kota yang menjadi saksi penyelenggaraan event olahraga internasional, dimana hadir kembali setelah 1962 lalu, yakni Asian Games 2018 mendatang.

“Masyarakat Sumsel harus bangga bahwa provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games, sebab dari Asian Games inilah Provinsi Sumsel mempunyai Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia. Ditambah lagi tiga ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, Rumah Sakit, fasilitas air bersih, kapasitas perluasan bandara, underpass/flyover dan lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan Alex, selain memiliki modal utama berupa Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki venue berstandar international, Sumsel juga terkenal zero konflik karena tidak ada kerusuhan antar etnis, budaya, bahkan yang paling sakral adalah agama. Terbukti di Provinsi Sumsel juga dibangun rumah ibadah dari enam agama berbeda yang sedang di bangun berdampingan.

Baca juga :  Semarakkan Hardiknas, Pemprov Sumsel Usung Tema Guru Profesional Berkarakter

“Modal utama kita Provinsi Sumsel ini dipercaya melaksanakan event-event Internasional karena kondusifitas daerah. Alhamdulillah belum pernah terjadi dan Insya Allah tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan antar umat beragama. Bahkan zero konflik Provinsi Sumsel sudah menjadi perhatian dunia,” ungkapnya.

Lebih jauh Pelopor Sekolah Gratis dan Berobat Gratis ini mengungkapkan, Jakabaring telah berpengalaman untuk penyelenggaraan event olahraga mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, 3rd Islamic Solidarity Games 2013 dengan peserta 52 negara, 17th Association of South East Asian Nations (ASEAN) University Games pada 2014. Sejak saat itu 42 event olahraga bertaraf Asia, Asia Pacifik bahkan dunia bermain di JSC.

Baca juga :  Datangi Pemprov, Massa AIC Demo Persoalan Sekolah Gratis

“Banyak yang tidak percaya, tapi berkat persatuan dan kesatuan serta ridho Allah, Alhamdulillah inilah provinsi Sumsel yak menjadi lirikan dunia, dan membuat daerah lain iri,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo menambahkan, dari try out ini diharapkan pelajar lebih percaya diri mengerjakan soal UNBK nanti. Untuk soal try out (TO) ini sendiri ia mengatakan, dibuat oleh guru-guru berprestasi dan terbaik untuk diukur setara dengan UNBK.

“TO ini bukan sebgai barometer hanya kesiapan mental agar pelajar bisa menghadapi ujian itu biasa saja,” ucapnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita