oleh

Kemendikbud Dorong Guru Tingkatkan Kemampuan Menulis Sejarah

Kolom:Pendidikan|19 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sebanyak 30 guru sejarah tingkat SMA negeri dan swasta mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penulisan Soal Sejarah yang dilakukan selama 6 hari di SMAN 10 Palembang.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penulisan Soal Sejarah, Suherman mengatakan 30 guru sejarah dari sekolah negeri dan swasta ini dikumpulkan untuk mengikuti pelatihan pembuatan soal Ujian Nasional. “Setelah soal ini selesai di buat, selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, lalu setelah itu disdik akan memberikan langsung kepada Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud,” jelasnya, Selasa (31/1).

Baca juga :  PAUD Kartini Muda Tanyakan Pembangunan Gedung ke Kades

Dia mengatakan dalam pelatihan pembuatan soal mata pelajaran sejarah ini dibagi menjadi dua kurikulum yaitu kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. “Dan disini mereka mengerjakan soal dengan 4 paket soal,” terangnya. Lanjutnya, kendati merupakan tahun pertama mengadakan pelatihan pembuatan soal untuk Ujian Nasional pihaknya menyatakan siap. “Masalah soal ini keluar atau tidaknya disaat ujian nasional nanti itu pusat yang menentukan,” tegasnya. Pelatihan pembuatan soal-soal ini dikerjakan sesuai kisi-kisi yang di dapatkan dari pusat. “Disini guru akan mengerjakan 4 paket soal, dimana dalam 1 paket ada 4 orang,” tegasnya.

Baca juga :  Sekolah Islam Al Azhar di Sumsel Terus Berkembang

Sementara itu Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah Sumsel, Merry Hamraeny mengatakan MGMP merupakan suatu wadah kegiatan guru-guru untuk berkumpul dan bertukar pengalaman. “Nah dalam hal ini MGMP mendapatkan fasilitas dari kemendikbud pusat kepada disdik sumsel untuk melaksanakan pelatihan penulisan soal UN,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita