oleh

LMND dan GMNI Dukung Mahasiswa UNSRI Hapuskan UKT

Kolom:Pendidikan|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pemukulan mahsiswa oleh pihak kepolisian terus mendapatkan kecaman dari berbagai elemen organisasi mahasiswa Liga Mahasiwa Nasional Demokrasi (LMND) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), jumat (4/8).

Galuh Sito Resmi, LMND menyanyangkan tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian kepada mahasiswa unsri tempo hari telah mencederai demokrasi negeri ini, juga telah mencoreng nama baik rektorat unsri sendiri. pasalnya tidak semestinya pihak rektorat dengan arogansinya mendorong aparat untuk membubarkan paksa dan merepresif mahasiswanya, dimana seharusnya rektorat menjadi wadah serta relasi mahasiswa akan setiap permasalahan juga kebaikan kampus.

Baca juga :  Ahmad Zulinto : Gaji Guru diharapkan tepat waktu

Terkait aksi mahasiswa menutut penghapusan UKT merupakan hal yang wajar dan suatu bentuk kritis mahasiswa terhadap UKT. UKT sejak pertama kali di tetapkan sudah menuai kritik dan protes dari kalangan mahasiswa, sebelumnya sudah berapa kali terjadi di berbagai kampus, tapi nampaknya belum juga menemukan solusi atau tanggapan serius baik dr pihak rektorak kampus atau pemerintah.

UKT sebenarnya tidak lebih dari implentasi komersialisasi pendidikan, dimana setiap beban pendidikan menjadi tanggung jawab individu, pemerintah lepas tangan dan ini jelas bertentangan dengan konstitusi UUD 45 dan cita cita negera kita, tegasnya

Baca juga :  Enam Tersangka Ditahan 20 Hari Kedepan

Sementara itu Efniadiyansyah Presidium GMNI Pusat dalam releasenya mendesak untuk mmengusut tuntas kasus refresif aparat dan menghentikan kriminalisasi yang terjadi di kampus Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan.

Selain itu, Presedium GMNI akan mengkonsolidasikan, mengajak dan bergerak bersama elemen mahasiswa untuk menghentikan refresifitas terhadap mahasiswa oleh polisi dan akan menyerukan melakukan solidaritas dan menolak UKT, ujarnya.

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita