oleh

NASA POLSRI, Upaya Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa

Kolom:Pendidikan|15 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah UKM Mahasiswa Riset dan Sains (MARS)  Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI) Palembang mengadakan National Science  Day (NASA).

Kepala Direktur Polsri Dr. ing. Ahmad Taqwa mengungkapkan Acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah bagi para mahasiswa, Indonesia saat ini mempunyai lebih kurang 200.000 dosen yang berpotensi dalam membuat tulisan karya ilmiah dan 9000an untuk tulisan karya ilmiah internasional yang tereputasi.

“Indonesia kalah dengan negara malaysia yang telah memiliki sekitar 17000 karya tulis ilmiah yang telah tereputasi.  Indonesia yang berpotensi dalam menulis paling tidak 200 ribu dosen dan 9 ribu tulisan yang tereputasi, kita Kalah jauh dengan malaysia sekitar 17000 tulisan yang telah tereputasi di dunia internasiona, ” urainya saat diwawancara usai acara di aula Polsri, Rabu (07/03).

Baca juga :  Finda Harapkan Gaji Guru Honor Naik

Menurut Taqwa, Karya tulis yang telah tereputasi didunia internasional merupakan cerminan bagi suatu negara yang memiliki kemajuan bidang keilmuan dan teknologi. Itu adalah cerminan bagi kemajuan bidang keilmuan dan teknologi suatu negara” tuturnya.

Lanjutnya, adapun kendalanya dari banyak hal yang terkait, untuk jurnal internasional  pada saat merevisi, waktu penelitian sampai waktu 1 semester bahkan sampai 1 tahun. Kemudian keterbatasan jumlah dari jurnal internasional. Kalau jurnal nasional telah ada sinta riset dikti, itu slah satu indeks jurnal-jurnal, tentunya ikedepan ini menjadi lembauntuk lembaga penelitian.

Baca juga :  Mahasiswa Unsri Diberi Pencerahan Tentang Layanan Prima

“dengan terbentuknya UKM Mars ini kita mendorong agar disistem pembelajaran itu melekat pada mahasiswa bagaimana agar penelitian agar menjadi salah satu budaya, yang bermuara pada suatu sebuah laporan atau tulisan karya ilmiah dengan tereputasi di dunia internasional” lanjutnya.
Disamping itu ia juga menyampaikan, dalam acara tersebut juga diadakan Lomba Karta Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi se-Indonesia.

“Di seminar ini, kita juga menyelenggarakan LTKI yang diikuti seluruh perguruan tinggi,seluruh proposal yang masuk totalnya100 an lebih. Yang masuk ke final ada 20, 3 nya gagal dan  17 yang lulus, ke 17 ini akan kita paradekan lagi” urainya.

Baca juga :  Budi Jatmiko : PTN dan PTS Harus Punya Kredibilitas

Hal senada juga diungkapkan Ketua UKM mahasiswa riset dan sains (Mars) Polsri, Ahmad Hafizh wijanarko mengatakan, kegiatan NASA Mars ini adalah lomba KTI (LKTI) tingkat nasional dan seminar nasional pertama dibidang teknologi, dimana ada 17 proposal dari 17 PT diantaranya UGM, UNY, UNPAD, Telkom University di Bandung, Ahmad Dahlan, USU, UNJ, UNS, Poltek Negeri Jember dan lain-lain.

“Kemarin ada 173 abstrak yang masuk, lalu diseleksi menjadi 100 abstrak. Kemudian mereka mengirim KTI yang sebenarnya untuk diseleksi kembali yang akhirnya menjadi 17 finalis dengan Tim penilainya dari Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang dan dosen Polsri,” tukasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita