oleh

Palembang Kota Ke 5 Program KSE

Kolom:Pendidikan|7 kali dilihat

Nuansakita-Palembang : Kota Palembang akan menjadi kota ke-5 yang akan menjalankan program Kantin Sekolah Elektronik (KSE) , setelah sukses di laksanakan di empat (4) kota sebelumnya Jakarta, surabaya, malang, dan Balikpapan. Kota Palembang sebagai kota yang besar dan cukup maju dalam bidang pendidikan dipilih untuk menjadi percontohan KSE yang ada di Provinsi Sumsel. Hal ini disampaikan oleh Ahmad Wahyu selaku Ketua Kantin Sekolah Elektronik (KSE) Pusat saat sosialisasi di Gedung dinas pendidikan Pemuda dan olahraga (Disdikpora) kota Palembang, rabu (9/11).

Baca juga :  Sumsel Dipercaya Gelar Diklat Kepemimpinan Secara Mandiri

Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa sekarang anak-anak sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas(SMA) kebanyakan saat jam istirahat mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak higienis, karena tidak mengetahui cara pembuatan maupun bahan-bahan yang digunakan. Maka dari itu, dibuat program kantin elektronik untuk sekolah-sekolah.

“Sistem Kantin elektonik ini, nantinya para siswa akan diberikan seperti kartu e-Banking untuk membeli makanan. Ketika mau pesan makanan kartu itu akan diberikan kepada petugas kantin, dan keesokan harinya akan diberikan menu-menu makanan yang dipesan. Sistem pembayaran akan dibayarkan kepada koperasi sekolah dan nilai yang di bayar akan dapat membeli makanan yang akan di pesan, tegasnya.

Baca juga :  Kemendikbud Dorong Guru Tingkatkan Kemampuan Menulis Sejarah

” Ahli gizi pun akan ditugaskan untuk memonitoring menu makanan yang akan dibuat apakah sudah sesuai dengan standar kebersihan maupun gizi yang ada dalam kandungan makanan karena generasi yang cerdas itu dimulai dari asupan makanan yang sehat”

Ditambahkan, bahwa kegiatan ini akan membawa dampak yang positif khususnya untuk siswa-siswi yang ada di sekolah-sekolah, berawal dari asupan makanan yang bergizi dan sehat tentunya. Program ini pun telah mendapat kerjasama dari berbagai pihak seperti Bank Indonesia, Ahli Gizi, dan Kepala Sekolah yang ada. Untuk tahap awal akan diuji coba untuk 2 sekolah di tingkat SD,SMP,dan SMA, tutupnya. (desta)

Baca juga :  Gubernur Sumsel Ingatkan Peserta PKN Jangan Hanya Kejar Sertifikat

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita