oleh

Pemprov Sumsel dan Telkomsel Luncurkan Program Merdeka Belajar Jarak Jauh

Kolom:Pendidikan|40 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dengan Telkomsel Indonesia berkerjasama untuk melangsungkan program Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) di Sumsel. Program ini nantinya diharapkan mampu menjadi solusi pemerataan akses pendidikan jarak jauh, terutama bagi masyarakat non-elit.
Sebanyak 75.000 Kartu Internet Merdeka Belajar dari Telkomsel akan dibagikan gratis kepada para siswa/siswi di Sumsel, dimana dengan Kartu Internet Merdeka Belajar ini pelajar di Sumsel akan mendapat Paket Kuota Belajar 10GB selama 30 hari gratis melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#.
Hal tersebut tertuang dalam acara peluncuran Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) antara Pemprov Sumsel bersama Telkomsel Indonesia, di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel (26/08).
Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengungkapkan proses pendidikan saat ini yang menerapkan pembelajaran secara online harus dapat berjalan tanpa harus memberikan beban terhadap para orang tua.
“Atas nama masyarakat Sumsel terutama para orangtua siswa menyampaikan terimakasih kepada telkomsel yang telah menunjukkan kepedulian dalam mendukung Program MBJJ. Sebab dengan Pemberian Kartu Perdana dan Kuota Belajar secara gratis, anak-anak kita dapat mengikuti pembelajaran daring dengan tenang tanpa rasa takut dan khawatir kehabisan kuota dan tidak memiliki uang untuk membelinya,” ungkapnya.
Dia mengaku bangga bahwa Sumsel merupakan satu-satunya provinsi diluar pulau Jawa yang mengadakan proses belajar jarak jauh bersama telkomsel dengan beberapa kemudahananya.
“Namun ada hal yang tak kalah penting dalam proses MBJJ ini ialah Persoalan signal. Walaupun Gadget nya baik, kuota penuh kalau dia tidak ada signal percuma. signal dan jaringannya harus proaktif terutama di wilayah Blankspot,” tuturnya.
Sementara itu, Executive Vice Presiden Telkomsel West Area, Gilang Prasetya mengatakan sejak awal penyesuaian masa pandemi Covid-19, Telkomsel telah berupaya untuk terus bergerak maju berinovasi menghadirkan ragam inisiatif produk dan layanan yang dapat mendukung adaptasi kebiasaan baru di berbagai aktivitas masyarakat, terutama dalam memberikan kenyamanan para siswa/siswi dan pengajar menjalankan proses pembelajaran jarak jauh.
“Kami sangat mengapresiasi respons positif Pemprov Sumsel yang ingin memastikan terjangkaunya akses pendidikan jarak jauh bagi siswa/siswi-nya. Melalui program MBJJ ini, nantinya puluhan ribu siswa/siswi di Sumsel akan dapat menikmati Kartu Internet Merdeka Belajar serta paket Kuota Belajar secara gratis dari Telkomsel. Kartu ini melengkapi produk-produk yang sebelumnya telah kami hadirkan dalam memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh seperti paket Kuota Data Ilmupedia dan Conference,” jelas Gilang.
Total ada 75.000 Kartu Internet Merdeka Belajar yang akan dibagikan ke seluruh siswa/siswi di Sumsel secara gratis. Dengan kartu ini, siswa/siswi di Sumsel akan mendapat Paket Kuota Belajar 10GB selama 30 hari gratis melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#. Kuota Belajar tersebut dapat dipergunakan untuk menikmati akses ke sejumlah platform aplikasi belajar daring dan konferensi video seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom, dan ratusan situs belajar daring yang dikelola kampus dan sekolah hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
“Kami senantiasa berharap, setiap inisiatif dan upaya yang telah dan akan dihadirkan Telkomsel dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat diberbagai aspek kehidupan,” tukasnya. Rip
Baca juga :  Tedy Wirawan : Jika Ada Produk Obat Atau Makanan Tidak Layak Laporkan Ke BPOM

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita