oleh

Rumah Belajar Ibu Hawa, Tampung Anak – Anak Putus Sekolah

Kolom:Pendidikan|5 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Pendidikan merupakan aspek yang paling penting untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tidak hanya sekolah formal, non formal pun harus dikembangkan untuk membangun karakter, salah satunya rumah belajar yang ada di kelurahan lebong gajah, kecamatan sematang borang.

Rumah belajar ini merupakan tempat belajar anak-anak yang kebanyakan dari mereka putus sekolah. Ada sekitar 30 orang anak yang memanfaatkan rumah belajar tersebut, dengan guru atau pembina ibu Hawa.

Fitrianti Agustinda prihatin melihat masih ada anak yang putus sekolah dengan berbagai latar belakang, dan Fitrianti Agustinda sangat mengapresiasi dengan adanya rumah belajar dibawah asuhan ibu Hawa dan juga bekerjasama dengan Babinkamtibnas Kelurahan Lebong Gajah.

Baca juga :  Tim Penggerak PKK Sumsel Gelar Penyuluhan Narkoba

Dalam kunjungan tersebut, Fitri membaur bersama anak-anak yang sedang belajar dan berdiskusi dengan mereka, “Pada dasarnya mereka sangat semangat belajar, saya lihat sendiri, mereka sangat antusias, namun memang dengan bermacam kondisi keluarga mereka, ada yang tidak mampu secara ekonomi, ataupun ada masalah keluarga lain yang membuat mereka harus putus sekolah, kedepan nasib anak-anak seperti mereka akan menjadi perhatian lebih untuk kami, saya memastikan mereka tetap harus mendapatkan pendidikan yang layak” Ungkap Fitrianti Agustinda, Senin (27/02).

Baca juga :  Semarakkan Hardiknas, Pemprov Sumsel Usung Tema Guru Profesional Berkarakter

Lebih lanjut Fitrianti Agustinda mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk mencari solusi, “Kita sudah kordinasi dengan dinas pendidikan, nanti anak-anak ini akan mendapatkan bantuan pendidikan diantaranya melalui program PKH, selain itu ada juga bantuan untuk seragam dan alat tulis untuk mereka yang akan diberikan pada tahun ajaran baru nanti” Ujar Fitrianti Agustinda.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto menjelaskan nanti Dinas Pendidikan akan berkoordinasi agar anak-anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak.
“Saat ini tidak ada lagi alasan anak putus sekolah apalagi tingkat SD, selain memberi ba
ntuan kita akan koordinasikan agar rumah belajar ini bisa bersinergi dengan Pemerintah sehingga nantinya mereka bisa ikut ujian yang setara dengan paket A, jadi mereka tetap mendapatkan ijazah yang sah” Jelas Zulinto.

Baca juga :  Raker Pimpinan di Palembang Diikuti 216 PTS Wilayah II

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita