oleh

101 Advokat PERADI di Ambil Sumpah

Kolom:Hukum, Peristiwa|6 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Sebanyak 101 Advokat Indonesia (PERADI) di Wilayah Pengadilan Tinggi Palembang mengambil sumpah jabatan sebagai advokat. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi provinsi Sumatera Selatan, Mabruq Nur, SH. MH. Selasa (29/11) di hotel Daira Jayakarta Palembang.

Pengambilan sumpah PERADI dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman.

Dalam kata sambutannya, Mukti mengatakan, selamat atas pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat DPC PERADI Palembang dan kepada seluruh pengurus/anggota PERADI semoga kedepan PERADI dapat menjadi pilar penegakan hukum di Indonesia.

Baca juga :  Marak Berita Hoax, Gubernur Sumsel Himbau Masyarakat Agar Pandai Memilah Informasi

Lanjut Mukti bahwa momen pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat ini adalah saat yang tepat untuk intropeksi diri terhadap apa yang telah aparat penegak hukum lakukan selama ini.

“Karena masalah penegakan hukum memang bukan merupakan masalah yang sederhana, bukan saja karena kompleksitas sistem hukum itu sendiri. Tetapi juga rumitnya jalinan hubungan antara sistem hukum dengan sistem politik ekonomi dan budaya masyarakat,”katanya.

Oleh karena itu Mukti mengharapkan kepada advokat khususnya yang tergabung dalam PERADI akan dapat menjadi pionir bagi upaya perbaikan dalam penegakan hukum di negeri kita cintai ini.

Baca juga :  PLN WS2JB Perkenalkan Layanan Gelis

“Dalam kaitan penegakan hukum ini tentu saja peran para advokat sangat diharapkan, dikarenakan profesi advokat juga merupakan penegak hukum yang sejajar dengan instasi penegak hukum lainnya, “singkatnya.

Sementara itu Mabruq Nur, mengharapkan dengan dilantiknya Advokat yang baru agar bisa bermanfaat bagi masyarakat umum dalam upaya penanganan hukum.

“Dengan bertambahnya aparat hukum, semoga bisa berguna dan dapat menegakkan hukum seadil-adilnya,” harap Mabruq.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jendeeal Dewan Pimpinan Nasioanl PERADI, Thomas E Tampubolon mengatakan, sebelum dilantik para advokat telah melalui berbagai macam proses yang cukup panjang. Oleh karena itu, sambungnya, setelah dilantik, para advokat diharapkan dapat mengemban tugas dengan baik sesuai aturan dan kode etik yang telah ditetapkan.

Baca juga :  Gandeng BPOM, Pemprov Sumsel Pastikan Keamanan Pangan

“Jadilah Advokat yang menjaga harga dan martabat diri, karena memang jabatan kita sebagai advokat yang bermartabat. Serta jangan lupa, jika ingin mendapatkan penghargaan dari orang lain maka hargai terlebih dahulu orang lain,” pesannya. (desta)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita