oleh

225 Peserta Ikuti Seminar Peternakan dan Kesehatan Hewan Berintegritas di Sumsel

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumsel, Herman Deru membuka Seminar Peternakan dan Kesehatan Hewan Berintegritas di Sumatera Selatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Sumsel. Seminar yang diikuti sebanyak 225 peserta yang berasal dari insan peternakan dan kesehatan hewan se Sumsel ini berlangsung di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Senin (22/10).

Dokter Hewan Indonesia Cabang Sumatera Selatan Jafrizal menyampaikan bahwa peternakan dan kesehatan hewan sebenarnya merupakan sektor pendukung ketahanan pangan nasional.

Di samping itu, peternakan juga harus bisa membuka lapangan usaha dan pekerjaan serta mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, selain itu peternakan merupakan penghasil protein hewani untuk manfaat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga :  Mulai 19 Oktober 13 Stasiun LRT Sumsel Siap Beroperasi

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengakui bahwa persoalan hewan di Sumsel kompleks, mulai dari produktivitas penyakit dan persoalan lainnya. Karena itu pula dirinya sangat senang seminar diadakan di Pemprov Sumsel.

“Ini pas sesuai dengan visi misi kedepan Sumsel harus menjadi lumbung pangan seperti yang diinginkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Terkait persoalan peternakan ini, menurutnya bisa dibahas tuntas dalam seminar. Untuk itu dirinya berharap para peserta dapat mengeluarkan unek-unek terkait masalah hukum, kesehatan dan populasi, agar selesai seminar mendapatkan sebuah kesepakatan untuk fokus terhadap dunia peternakan di Sumsel.

Baca juga :  Segera Diresmikan Presiden, Menhub Budi Cek Kesiapan Bandara Silampari

Dijelaskannya peran pemerintah disini sebagai motivator kepada masyarakat dalam peternakan dan kesehatan hewan. Pemerintah harus menjelaskan bahwa memelihara hewan misalnya saja kambing dan sapi itu merupakan investasi.

“Hewan ini bisa dapat menghasilkan yang luar biasa. Saya konsen pada ini, peternakan ini harus jadi penghasilan bagi masyarakat bukan hanya sekedar hobi memelihara,” terangnya.

Pada seminar ini dia meminta agar benar-benar serius jangan hanya seminar ini menjadi agenda saja, ritual akan tetapi action. Sumsel butuh perhatian pada peternakan dari berbagai aspek baik keamanan, kesehatan dan perdagangan.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Antisipasi Covid-19 Hingga ke Pemukiman Warga

“Kalau kita betul-betul cinta hewan, kita peduli terhadap penghasilan masyarakat maka kitalah yang harus menjadi motivator untuk mereka agar mereka terobsesi sehingga peternakan ini menjadi penghasilan,” tutur Herman Deru.

Herman Deru juga menegaskan akan menjadikan peternakan ini sebagai satu cara masyarakat untuk segera lepas dari kemiskinan bahkan Peternakan akan menjadi bisnis yang terintergrasi dengan pertanian.

“Saya terima kasih kepada Bupati/Walikota yang peduli terhadap ini,” tutupnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita