oleh

52 Macam Jamu Palsu Diamankan

Kolom:Headline, Peristiwa|8 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Direktorat kriminal khusus kembali mengamankan sebanyak 52 macam jamu yang terdiri 9305 kotak jamu palsu. Pengamanan dipimpin langsung oleh kanit IV Subdit IV Tipidter Kompol BJ Lingga  di jalan Ki Marogan NO.12 Kertapati Palembang Sumatera Selatan.

Diketahui, Ketiga keempat tersangka berinisial UJ(40),TG(26), SY(44) merupakan warga dari jawa sedangkan tersangka WH(26) warga kertapati palembang.

Dikatakan, ribuan kotak jamu ilegal tersebut berasal dari daerah pantai Selatan Jawa Tengah. Dan sudah dilakukan pengecekan ke balai POM ternyata memang bahan ini mengandung zat berbahaya. Hal ini di sampaikan oleh Direktur Kriminal Khusus Kombespol. Irawan David Syah saat gelar perkara di depan gedung direktorat kriminal khusus, Jumat (16/12).

Baca juga :  KNPI Kota Palembang Gelar Musda

“Berdasarkan keterangan tersangka jamu tersebut berasal dari jawa tengah dan akan di distribusikan kepasar menengah kebawah,” ungkap David.

Tak hanya itu, david menambahkan kalau atas perbuatan tersangka saat ini pelaku sudah dilakukan penahanan tahap I dan akan ditindak lanjuti.

“Kasus ini dengan dugaan Pasal 197 uu kesehatan nomor 36 tahun 2009 Ancaman 15 tahun penjara,”katanya. David menghimbau kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi jamu. Memang harganya relatif murah akan tetapi sangat berbahaya. Tidak menutup kemungkinan pengkonsumsi mendapatkan penykit setelah mengkonsumsi,”tutupnya. (desta)

Baca juga :  2.859 Desa di Sumsel Terima Dana Desa

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita