oleh

Adian : Memahami Idelogi Pancasila, Sama Artinya Dengan Memahami Toleransi

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Bogor :  Masyarakat harus memahami nilai-nilai Pancasila untuk melawan isu SARA dan hoax yang berkembang pesat di saat menjelang Pilkada serentak 2018.

Sekitar 200 orang dari desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi mengikuti diskusi dengan tema “Pancasila anti isu SARA dan hoax” sebagai nara sumber,Adian Napitupulu anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Jawa Barat V.

Pancasila di gali dari nilai kehidupan masyarakat Indonesia, adalah jawaban dari persoalan atas maraknya isu SARA dan hoax yang berkembang di masyarakat dan media sosial saat-saat ini. Lebih lanjut Adian menegaskan, dengan memahami Idelogi Pancasila, sama artinya dengan memahami Toleransi.

Baca juga :  Sumsel dan Lampung Berencana Bangun Terminal Hasil Pertanian

“Bhinneka tunggal ika adalah Semboyan atau Moto bangsa Indonesia yang tertulis dalam Pancasila. Kita harus melihat bahwa perbedaan adalah suatu kekayaan bukan kelemahan”. Kata mantan pentolan aktifis mahasiswa 1998 di saat diskusi (12/2).

Adian menambahkan, Pilkada 2018 akan sangat panas di karenakan mendekati pemilu dan pilpres yang berlangsung hanya selisih setahun lagi. Menurut Adian, ada pihak-pihak dengan sengaja membuat intoleransi dan menggangu keberagaman untuk kepentingan politik. Karena itu Adian mengharapkan agar masyarakat dan pihak kepolisian bisa pro-aktif dalam menangkal isu SARA.

Baca juga :  Peringati HUT Korpri, ASN Diminta Jadi Agen Transformasi Penguatan SDM

“Dalam menghadapi isu SARA harus di lawan bersama-sama, karena hoax dapat menyebabkan keretakan antar umat beragama. Apparat kepolisian harus bertindak tegas untuk menangkap para pelaku pembuat dan penyebar hoax tersebut” tambah Adian.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita