oleh

ADUPI Daur Ulang Sampah Jadikan Produk Unggulan

Kolom:Peristiwa|61 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam membangun Indonesia yang lebih bersih dan ikut menyukseskan program pemerintah bebas sampah pada tahun 2020, maka ketua umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) christine Halim membuat program daur ulang sampah yang bisa menghasilkan produk-produk unggulan yang dapat digunakan.

Christine mengungkapkan, sampah yang dikumpulkan kebanyakan yang berbahan dasar dari plastik yang sulit untuk diuraikan oleh tanah, salah satunya bekas botol air minum yang sulit untuk terurai dan bisa menjadi barang yang bisa dimanfaatkan.

Baca juga :  Kendaraan Tidak Bayar Pajak Di Sumsel 50 %

Bahan baku botol air minum ini didapatkan dari pemulung yang dikumpulkan oleh pengepul yang didapatkan dari bank-bank sampah yang telah dipilah. Selanjutnya dihancurkan dan diolah menjadi produk, salah satunya styrofoam tempat makanan yang ramah lingkungan.

“Styrofoam yang diproduksi oleh ADUPI merupakan styrofoam yang ramah lingkungan serta bisa terurai jika ditanam ditanah selama lima (5) tahun. Bukan styrofoamyang biasa beredar di masyarakat dengan bahan-bahan kimia dalam proses pembuatannya, ujarnya di hotel Aryaduta, Rabu (15/03).

Selain styrofoam, produk yang dapat dihasilkan yakni dakron yang menjadi isi boneka Tidak hanya itu, program Jokowi dalam membangun infrastruktur pembangunan jalan, maka bahan daur ulang dapat digunakan sebagai pelapis jalan tol.

Baca juga :  Maksimalkan Pencegahan, Optimis Sumsel Zero Karhutla

Daur ulang sampah yang baik dan ramah lingkungan dapat dimaksimalkan untuk kemakmuran masyarakat kedepan, sehingga dapat terciptanya keselarasan antara lingkungan yang sehat.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita