oleh

Aplikasi PPDB-SMP Online Mendadak Ditutup, Ombudsman Sumsel Panggil Disdik Palembang

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), meminta kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang untuk hadir memenuhi permintaan koordinasi yang dijadwalkan pada Kamis (14/05) di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumsel.
Permintaan koordinasi dilakukan untuk meminta penjelasan dari Disdik Palembang terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mengalami kendala pada Selasa (12/05). Diketahui, pendaftaran PPDB secara online tiba-tiba tidak bisa diakses oleh calon siswa dalam mendaftar padahal waktu pendaftaran masih berlangsung, hal tersebut menimbulkan kecemasan bagi siswa maupun orang tuanya.
Ada beberapa hal penting yang kami klarifikasi kepada pihak diknas Palembang, salah satunya pada proses PPDB tahap zonasi, bagaimana verifikasinya, transparansi sistemnya dengan calon siswa, bahkan akan didalami juga tentang sistem kelulusan yang akan diterapkan oleh Diknas pada tahap zonasi ini, karena prinsipnya sistem zonasi ini bertujuan untuk menghilangkan pandangan siswa ataupun orang tua murid mengenai sekolah favorit (sekolah terbaik), karenanya semua sekolah itu sama saja tidak ada yang dibeda-bedakan.
Harus diketahui, usul penerapan zonasi di sekolah-sekolah ini merupakan hasil rekomendasi dari Ombudsman RI beberapa tahun lalu ke kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel. M. Adrian Agustiansyah, mengatakan Ombudsman berharap agar pihak Disdik Kota Palembang untuk dapat hadir dan kooperatif, memenuhi permintaan koordinasi yang kami sampaikan.
“Karena bagi kami di tengah masyarakat Sumasel yang sedang menghadapi pandemi Covid-19, pelayanan publik bagi masyarakat harus tetap jalan agar pemenuhan hak-hak masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang baik tidak terabaikan,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Musim Kemarau Landa Sumsel,  Ingatkan Warga Waspadai Bencana Kebakaran

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita