oleh

Atasi Kelangkaan, Kemenag Sumsel Imbau Madrasah Produksi Hand Sanitizer

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Kabag TU Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Abadil menghimbau kepada Madrasah di lingkungannya untuk membuat Hand Sanitizer sesuai standar WHO. Sesuai dengan himbauan Kakanwil yang menginginkan seluruh komponen ikut berpartisipasi melawan penyebaran Covid-19, termasuk Kementerian Agama Provinsi Sumsel.
Diharapkannya siswa Madrasah mampu memproduksi hand sanitizer di tengah kelangkaannya saat ini. Ia menyampaiakn saat melakukan kunjungan ke salah satu Madrasah yang memproduksi Hand sanitizer yang didampingi oleh Kasubbag Umum dan Humas.
Dia menyampaikan bahwa beberapa madarsah di Sumsel sudah dapat memperoduksi Hand Santizer sendiri sesuai standar WHO seperti MAN IC OKI, MAN 3 Palembang dan beberapa madarsah di Sumsel. Seperti diketahui siswa MAN IC OKI dan MAN 3 Palembang secara swadaya menggunakan bahan standar formula yang ditetapkan oleh WHO telah memproduksi hand sanitizer sendiri.
Pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Madrasah tersebut dalam mendukung melawan penyebaran Covid-19.
“Kita medorong siswa Madrasah tentu dengan pengawasan ketat dari guru pembimbing untuk membuat hand sanitizer, karena langkanya hand sanitizer saat ini, saya mengapresiasi beberapa madrsah yang telah melakukannya dan diharapkan madrasah lainnya ikut melakukan hal tersebut, tentunya kerjasama semua pihak untuk melawan virus covid-19 ini” ujar dia, Kamis (26/03).
Ia berharap pula seluruh jajarannya dapat memperhatikan dan melaksanakan protocol penanganan covid-19 tersebut. Karena dibutuhkan kerjasama seuruh komponen masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19. Selain melakukan langkah-langkah protocol yang ditetapkan, juga berdo’a kepada Tuhan untuk keselamatan bangsa ini.
Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala MAN IC OKI Ki Agus Faisal menerangkan bahwa selain memproduksi hand sanitizer, para siswanya juga memproduksi disinsfektan dan sabun anti kuman. Pihaknya juga siap membantu menyediakan cairan pembersih tangan secara gratis. Sehingga siswapun dapat berkontribusi dalam mencegah penyebaran virus tersebut.
Sama halnya dengan MAN IC OKI, Siswa MAN 3 Palembang juga telah memproduksi handsanitizer sendiri. Bahkan menurut keterangan Kepala MAN 3 Palembang Komaria Hawa, telah banyak yang melakukan pemesanan produksi siswa Madrasah tersebut.
Dia mengatakan bahwa Tim CK (Club Kimia) MAN 3 Palembang di bawah bimbingan guru Kimia Suprihatin dan Laboran Kurniawaty Widiastuty memproduksi sendiri hand sanitize tersebut.
“Alhamdulillah siswa Club Kimia ini membuat hand sanitizer dengan varian 3 aroma yaitu peach, apple, lavender dan jasmine. Bahan bahan yang digunakan adalah 83,3 ml etanol 96%, 14,7 ml hydrogen peroksida 3%, aloevera 14,7 ml, dan esensial oil 2 tetes. Campurkan seluruh bahan dan aduk secara rata, tentunya mereka dibimbing dan diawasi langsung oleh guru Kimia” tukas dia. Rip
Baca juga :  Songket Gunung Batu Diyakini Mampu Bersaing di Pasaran

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita