oleh

Bea Cukai Sumbagsel Musnahkan Ribuan Rokok dan Miras Ilegal

Kolom:Headline, Peristiwa|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Jajaran Bea Dan Cukai Kantor Wilayah Sumatera Bagian Selatan melakukan pemusnahan  berbagai barang Illegal mulai dari minuman luar hingga rokok disepanjang tahun 2016 dengan total kerugian Negara hingga 1,67 miliyar.

Barang-barang yang dimusnahkan dari hasil penindakan tersebut karena tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undanagn nomor 11 tahun 1995 tentang cukai yaitu hasil tembakau dan MMEA/ Minuman kersa yang tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai bekas atau dilekati pita cakai palsu.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Selatan, Aflah Farobi, disela acara pemusnahan didepan kantor wilayah Bea Cukai Dijalan R Sukamto Palembang, Kamis (15/12)  mengatakan pemusmanahan yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan hasil yang didapat sepanjang tahun 2016.

Baca juga :  Datang ke Griya Agung, Dirut PT RS Pelabuhan Minta Alex Noerdin Hadiri Peletakan Batu Pertama

“ Secara umum kita terus melakukan pemantauan dan mempersempit potensi terhadap masuknya sejumlah barang yang dapat merugikan negara,” katanya.

Aflah merincikan hasil penindakan yang dimusnahkan kali ini yakni, ada 998.800 bungkus rokok illegal dengan nilai barang sebesar Rp.236 juta dengan potensi kerugian Negara sebesar 430 juta. Lalu, 1.000 kilo gram tembakau IRIs (TIS) dengan nilai barang sebesar Rp. 13. 55 juta dengan potensi kerugian mencapai Rp 28 juta.

“Juga ada 9.300 botol minuman mengandung etil alcohol?minumsan keras inpor berbagai ukuran dengan nilai barang sejumlah Rp. 2.88 Milyar dengan potensi ketugian negar mencapai Rp 1.22 Miliyar,” urainya.

Baca juga :  MTI Dukung Pengembangan Transportasi di Sumsel

Dijelaskannya, Total perkiraan nillai barang yang dimusnahkan saat ini mencapai Rp.3.13 milyar, hasil didapat dari hasil penindakan yang dilakukan pada tahun 2015 sebanyak 20 penindakan dan pada tahun 2016 sebanyak 9 penindakan.

“Kita harapkan dengan kegiatan semacam ini dan upaya untuk selalu meningkatkan pengawasan akan menekan peredaran barang illegal di Sumbagsel,” tutupnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita