oleh

Bekraf Lakukan Bimtek dan Supervisi APIK

Kolom:Peristiwa|0 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Bimbingan teknis dan supervisi APIK ( Asistensi Pencatatan Informasi Keuangan ) yang dilakukan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) diikuti oleh 100 pelaku ekonomi kreatif dari alumni kelas manajemen keuangan dan binaan Kedeputian Bekraf, di hotel Grand Zuri Palembang, (12/9)

Eka Pan Lestari, Kasubbag TU Akses Perbankan Bekraf mengatakan. Kami mengharapkan para pelaku UK. paham manajemen keuangan yang baik dan bisa menerapkannya pada usaha kreatif mereka, termasuk pencatatan keuangan dan Iaporan keuangan usaha. Khususnya menggunakan si APIK, ujarnya

Baca juga :  Saat Presiden Naik Ontel di Bandung Lautan Sepeda

Bekraf yang bekerjasama dengan Departemen Pengembangan Usaha Mikro, KeciI, dan Menengah (UMKM) Bank Indonesia (BI) juga akan menjelaskan aplikasi Si APIK, yang merupakan aplikasi akuntansi yang dibuat Bl untuk pencatatan informasi keuangan UKM.

“Melalui aplikasi ini, pelaku UKM kreatif bisa mencatat jenis transaksi sederhana, antara Iain pencatatan Iaba rugi, arus kas dan neraca

Ditambahkannya, standar pencatatan Si APIK disusun oleh BI bersama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Laporan keuangan dari aplikasi ini bisa digunakan untuk pengajuan pembiayaan (kredit) kepada perbankan maupun Iambaga keuangan lainnya.

Baca juga :  Ini Nama-nama Pejabat yang Ditugaskan Ke Biro Pengadaan Barang/Jasa Sumsel

Aplikasi tanpa batasan pencatatan jumlah transaksi ini mudah dipahami dan bisa diunduh gratis melalui smartphone. Dan pelaku UKM kreatif bisa membuat history record keuangan usaha dengan mudah untuk evaluasi keuangan dan pengajuan pembiayaan ke perbankan.

Melalui aplikasi Si APIK, kita berharap pelaku UKM kreatif mampu mengatur dan mengetahui transaksi keuangan menjadi lebih baik, sehingga bisa menggunakan aplikasi SI APIK yang mempermudah pencatatan dan laporan keuangan mereka, serta memotivasi mereka untuk mengembangkan usaha,” tegasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita