oleh

Belman Karmuda : Gerakan Bhineka Tunggal Ika Perkuat Persatuan

Kolom:Budaya, Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Refleksi hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 oktober, membuat Tokoh Inspirasi Belman karmuda membuat suatu gerakan baru yang mendorong pemuda-pemudi khususnya di Sumatera Selatan ini dengan Mendeklarasikan Gerakan Bhineka Tunggal Ika, yang terdiri dari 16 Organisasi masa yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat, maupun budayawan. Kegiatan ini dilakukan di Taman Makam Pahlawan kota Palembang, rabu (26/10).

Belman Karmuda selaku salah satu inisiator dalam acara ini mengungkapkan, bahwa sekarang kan kebanyakan mahasiswa ini apatis terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat kebangsaan maupun kemasyarakatan, maka dari itu untuk membangun kesadaran dalam kehidupan sosial yang notabene dengan prinsip gotong royong maka dibentuklah gerakan ini, ujarnya.

Baca juga :  Renny Nasrun Resmi Jabat Ketua PWP Sumsel 

“ mahasiswa sekarang ini kebanyakan hedonis, jadi jauh sekali dengan nilai-nilai kebangsaan, maka dari itu sebelum 28 oktober kita  deklarasikan, bahwa berdirinya Indonesia ini dengan kesepakatan bersama, menyatakan bahwa tumpah darah kita Indonesia, bahasa Indonesia, dan bangsa kita adalah bangsa Indonesia. Dan khusus di Sumatera Selatan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan jangan sampai terpecah belah, ujarnya.

Ditambahkan, sebentar lagi kan ada Asian Games, jangan sampai ada pandangan-pandangan kalau bangsa kita ini mudah dipecah belah, sebagai bangsa yang disatukan dengan berbagai macam budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang luar biasa seharusnya kita lebih kuat dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara.

Baca juga :  Kemenag Sumsel Gelar Aksi Donor Darah

“Mari bergandengan tangan seluruh elemen anak bangsa untuk menjaga ketertiban, keamanan di Sumatera Selatan. Kan di Sumsel ini terkenal dengan zero Insident dalam konflik SARA, yang dikhawatirkan datang dari pengaruh luar yang akan merusak persatuan bangsa Indonesia ini, tutupnya. (desta )


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita