oleh

Belman Karmuda : Potensi Desa Harus Dimanfaatkan Dengan Baik

Kolom:Peristiwa|12 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Puluhan peserta diskusi terbatas yang diadakan oleh DPD Pospera Sumatera Selatan tampak antusias mendengarkan informasi dari narasumber diskusi terbatas, (4/9)

Diskusi yang mengangkat tema BUMDes membangun desa dilakukan di kantor DPD Pospera, adapun yang menjadi narasumber dari diskusi ini yaitu, Hatta Iskandar dari masyarakat Beli Indonesia, Kiki Rizki Yocyavian pembina Pospera Sumsel dan Belman Karmuda dari Dinas Sosial Sumatera Selatan.

“BUMDes harus menjadi wadah pemberdayan usaha lokal, pengelolaan BUMDes harus terorganisir dengan baik secara keuangan dan fungsional, untuk itu BUMDes harus terintegrasi dengan kegiatan program pemerintaha desa setempat, ujar Kiki salah satu narasumber diskusi tersebut.

Baca juga :  Ingin Kembali Pimpin Sumsel, Syahrial Oesman : Saya Yakin 110 Persen

Sementara itu Belman Karmuda dari Dinas Sosial mengatakan, potensi-potensi desa haruslah dapat dimanfaatkan dengan baik, mengingat selama ini, desa sudah lama ditinggalkan dalam pembangunan dan pemanfaatan potensinya. Melalui UU Desa dan BUMDes diharapkan desa dapat menggerakan roda ekonominya dan dapat mensejahterakan rakyat desa, urainya

Hal yang sama juga dikatakan oleh Hatta Iskandar dari masyarakat Beli Indonesia, dalam penjelasannya ” dalam program 1 milyar 1 desa perpanjangan tangan program adalah perangkat desa. faktanya belum dirasakan maksimal oleh masyarakatdesa karena pengelolaannya sarat dengan penyelewengan.

Baca juga :  ASPEDI Diharapkan Menjadi Kekuatan Baru Ekonomi di Sumsel

BUMDes hadir mengoptimalkan pemanfaatan anggaran pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan desa secara maksimal, perlu kerjasama 3 pilar, pemerintah, swasta dan advokasi (pendamping).tambahnya

Sedangkan ketua DPD Pospera Sumsel, Tumpal Simare – mare yang ikut dalam diskusi menyebutkan, BUMDes hadir tidak lahir serta merta, di dalam UU no.6 tahun 2014 dan PP 43 tahun 2014 BUMDes hadir justru untuk memaksimalkan fungsi koperasidi desa, Dengan penguatan BUMDes bisa menjawab hambatan perkembangan koperasi di desa yang terhambat oleh kelompok tengkulak.(rob)

Baca juga :  Gubernur Herman Deru Percepat Pembangunan Infrastruktur di Sumsel

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita