oleh

BKPSDM Terapkan Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Kolom:Peristiwa|60 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Palembang  akan menerapkan Laporan Keuangan Berbasis Akrual, hal ini dilakukan untuk membenahi laporan agar lebih sistematis.

Diklat Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Akrual telah terlaksana untuk dua gelombang, gelombang pertama untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sedangkan  gelombang kedua untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris BKPSDM Effendi Andok usai penutupan diklat gelombang kedua yang diadakan di aula BKPSDM Jalan Merdeka Palembang, (03/03).

Baca juga :  Balitbangda Sumsel Gelar Rakor Penguatan Inovasi Berbasis Research

Effendi mengungkapkan, diklat tersebut telah terlaksana untuk dua gelombang, gelombang pertama pada tingkat SD dan kedua pada tingkat SMP.

“Hari ini kita melaksanakan penutupan diklat tersebut, dalam penutupan gelombang kedua ini dihadiri oleh 40 bendahara dari sekolah masing-masing,”jelasnya.

Ditambahkannya, untuk masalah pengelolah keuangan, ia berharap kedepan pelaporan keuangan di masing masing sekolah dapt lebih baik lagi.

“Kita menerapkan laporan berbasis akrual saat ini untuk tingkat SD dan SMP. Kedepan, itu akan diterapkan juga untuk seluruh SKPD baik dari level paling bawah seperti sekolah, bahkan seluruh SKPD laporan keuangannya harus berbasis akrual. Laporan berbasis akrual ini baru penerapannya,  jadi kita akan bertahap dalam membenahi pengelolahan keuangan melalui diklat-diklat seperti inilah,”ujarnya.

Baca juga :  DPOTertangkap Saat Konsumsi Sabu

Sementara itu, salah satu peserta diklat yang bertugas sebagai bendahara rutin dan gaji SMP Negeri 32 Palembang Luli Afrita mengatakan, materi yang diterima dari diklat tersebut sangat bermanfaat.

“Ini bisa menambah wawasan kita selaku bendahara untuk mengerti apa dan bagaimana pengelolaan keuangan melalui pelaporan, baik pengertian awal mengenai kebijakan kebijakan yang berlaku pada saat ini di Pemerintahan Birokrasi, sehingga kami bisa menyampaikan laporan-laporan kami di bidang keuangan,”ujarnya.

Ditambahkannya, Dalam diklat tersebut para peserta diharapkan untuk memberikan laporan yang seimbang, yang dapat dipertanggung jawabkan. “Kami diharapkan dapat memberikan laporan yang relevan, yang baik dan tersusun rapi sesuai dengan peraturan yang berlaku,”pungkasnya.

Baca juga :  Awal Oktober 2019, Tol Kayuagung-Palembang Bisa Digunakan

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita