oleh

BPBD Petakan Empat Daerah Rawan Longsor di Sumsel

Kolom:Peristiwa|31 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sebanyak 4 daerah di Provinsi Sumatera Selatan dipetakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel termasuk daerah yang rawan longsor. Keempat daerah tersebut karena kondisi yang berada di perbukitan.

Pelaksana tugas BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah, menyampaikan empat daerah rawan longsor tersebut, yakni Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Meskipun telah dipetakan, katanya, namun status siaga bencana belum dilakukan karena menunggu hasil rapat koordinasi (Rakor) dengan semua stakeholder dan intansi terkait.

Baca juga :  Seleksi Panwascam di Buka 25 September

Dirinya mengungkapkan, untuk antisipasi BPBD Provinsi Sumsel telah menyiapkan personel dan logistik. Namun, jumlah logistik yang disiapkan, ia tidak terlalu mengingatnya karena bantuan ini berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat yang didasarkan pada luas wilayah, jumlah penduduk dan tingkat kerawanan bencana.

“Logistik ini berupa makanan siap saji, peralatan dapur, terpal dan lain sebagainya,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, BPBD Sumsel juga telah memetakan wilayah yang rawan banjir dataran rendah. Dimana daerah yang rawan banjir dataran rendah, seperti Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Banyuasin.

Baca juga :  Gubernur Intruksikan PRSI Sumsel Serius Bina Atlet Renang

“Daerah ini merupakan daerah pasang surut, sehingga pada saat pasang dapat menyebabkan banjir,” singkatnya. (Rip)

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita