oleh

Bulan Kedua November, Ground Breaking Pipa Gas Pertamina

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Rencana pemasangan pipa gas Pertamina sepanjang 176 kilometer, dari Grissik Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) hingga Palembang kian mendekati realisasi.

Bahkan ditargetkan pelaksanaan ground breakingnya akan dilakukan minggu kedua bulan November ini. Hal ini diungkapkan langsung Direktur Komersial PT Pertamina Gas, Indra Setyawati.

Dijelaskannya, rencana pemasangan pipa gas tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan daya ketahanan energi untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kita akan melakukan pemasangan pipa dari Girisik ke Pusri, karena saat ini gas yang menyuplay di Pusri sudah mengalami penurunan dan perlu ada penambahan gas dari sumber lain,” ucapnya usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel di Kantor Gubernur, Rabu (2/11).

Baca juga :  Tour De Ranau 2019 Bakal Jadi Event Tahunan Nasional

Lanjutnya, untuk suplai gas ke Pusri, pihak mendapat jaminan dari PT Chonoco Philip untuk menjamin reabiliti. “Selain itu, kita juga menyiapkan kapasitas gas yang akan mengalir untuk industri di Tanjung Api Api,” tambahnya.

Dijelaskan, untuk kekuatan gas yang akan mengalir nanti mencapai 160 MMSCFD atau 160 juta standar kaki kubik perhari. “Saat ini kita sudah mempunyai pipa edisting, itu mengalir secara rutin untuk memenuhi sumber gasnya. Ada juga dari PFP, PT Medco, serta PT Talisman untuk memenuhi kebutuhan,” cetusnya.

Baca juga :  41 CPNS Lulusan IPDN XXIV Bakal Ditempatkan di Sumsel

Indra juga mengatakan, saat ini baru dari Chonoco Philip karena gas yang sebelumnya harus dijual ke Singapura, namun sekarang Singapura sudah mendapatkan kuota gass dari LNJ, sehingga gas itu harus kembali ke Indonesia lagi.

“Untuk pemasangan pipa gas sepanjang 176 Km itu, dana pemasangannya sebesar 150 juta dollar. Dari dana tersebut alokasi untuk pemasangan pipa sebesar 40 persen,” tutupnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita