oleh

Cegah Bencana Alam di Sumsel, BPBD Tingkatkan Kesiagaan

Kolom:Peristiwa|12 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Untuk mengantisipasi hingga mencegah bencana alam di Provinsi Sumsel seperti tanah longsor dan banjir saat musim hujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus meningkatkan kesiagaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah menjelaskan, musim hujan seperti sekarang ini, beberapa daerah di Sumsel sering terjadi bencana alam, baik itu bencana alam banjir maupun tanah longsor.

“Maka dari itu kami terus koordinasi untuk meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana alam khususnya banjir dan tanah longsor,” kata Iriansyah, Rabu (20/12).

Baca juga :  Raperda Usulan Pemprov Masuk Babak Pandangan Umum Fraksi-fraksi

Ia mengatakan, pihaknya berkoordinasi bersama seluruh instansi-instansi terkait seperti SAR, Taruna Siaga Bencana dan juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lainnya.

“Kita lakukan ini untuk meningkatkan kesiagaan seluruh instansi terkait dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini seluruh instansi-instansi terkait yang ada di Provinsi Sumsel sudah siap untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Mulai SDM, logistik, hingga sarana dan prasarana lainnya.

Dikatakannya, sekarang pihaknya telah memetakan daerah-daerah mana saja yang ada di Sumsel yang rawan akan terjadi bencana banjir dan tanah longsor tersebut. Untuk rawan banjir hampir terjadi di semua daerah yang ada di Sumsel, sedangkan untuk tanah longsor itu tejadi di dataran tinggi seperti Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, Muaraenim dan OKU Selatan.

Baca juga :  ARSADA Mampu Dorong Peningkatan Kualitas Rumah Sakit

“Menghadapi bencana banjir dan tanah longsor ini, kita berharap kepada masyarakat agar dapat ikut berperan serta untuk ikut membantu,” jelasnya. Rip

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita