oleh

Dana Desa Tahap II Didistribusikan ke 2000 Rekening Desa

Kolom:Headline, Hukum, Peristiwa|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sejak bulan November 2016, pencairan 40 persen sisa alokasi dana desa tahun 2016 telah masuk ke rekeking kas desa. Kisaran dana Rp. 712 milyar dana desa untuk tahap kedua tersebut, telah didistribusikan dan diterima oleh lebih dari 2000 desa di provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan dan Pedesaan Sumatera Selatan Yusnin, Selasa (06/13) mengungkapkan, dengan diterimanya dana desa tahap II maka pelaksanaan kegiatan yang telah sebagian dilakukan dapat segera dirampungkan.

Baca juga :  Tampung Tamu Asing, Siapkan Rumah Penduduk Sebagai Homestay

Dijelaskan Yusnin, pada prinsipnya seluruh kegiatan fisik di desa sudah hampir selesai dan diharapkan pada pekan kedua bulan ini seluruh kegiatan serta laporan keuangan secara keseluruhan sudah selesai dilaksanakan.

“Ini kan sudah tahap II, artinya pembangunan paling tidak sudah 60% berjalan atau bahkan mungkin lebih. Kita berharap semuanya selesai pertengahan Desember.” Ujar Yusnin.

Menurut Yusnin, sebagian besar dana desa pada tahun ini dialokasikan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa. Sementara untuk hasil pelaksanaan kegiatan baru akan diketahui setelah seluruh kegiatan tahun anggaran 2016 rampung.

Baca juga :  Manajemen SFC Bakal Launching Pro Elit Akademi

“Kita belum dapat laporan hasil pembangunan fisik. Untuk data lebih rinci itu dimiliki oleh Pemerintah Kabupate Kota.” Jelas Yusnin.

Alokasi dana desa dari Pemerintah Pusat untuk Sumatera Selatan tahun 2016 mencapai Rp. 1,7 trilyun dan naik sekitar 50% pada tahun 2018 dengan total anggaran mencapai labih dari Rp. 2,2 triliun (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita