oleh

Desa Ngestiboga 1 Mura Jadi Desa Percontohan Ketahanan Pangan

Kolom:Peristiwa|3 kali dilihat
NuansaKita – Musi Rawas : TP PKK Sumatera Selatan melakukan rangkaian kunjungan kerja ke PKK kabupaten/kota di Sumsel. Di Desa Ngestiboga 1, Kecamatan Lokajaya, Kabupaten Musi Rawas, Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Lustia memberikan sosialisasi program kerja PKK, serta menyampaikan apresiasinya atas kinerja PKK Mura khususnya bagi PKK di desa tersebut yang berhasil melaksanakan program pokok PKK.
“Tadi saat saya masuk menuju ke desa ini sempat membaca slogan dari Plung Jadi Plong. Ini bagus sekali. Mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan menggunakan MCK (Mandi Cuci Kakus),” tuturnya.
Selain itu, menurutnya, Desa Ngestiboga 1 juga sudah memiliki toga (tanaman obat keluarga) dengan baik. Namun demikian, dia berpesan kepada PKK desa ini agar disetiap kegiatannya tetap melibatkan organisasi wanita dan dinas terkait.
“Seperti saat ini, musim kemarau tengah terjadi. Apabila kita tidak berhati-hati akan mudah sekali terjadi kebakaran. Nah PKK bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran,” jelasnya.
Pada kunjungan kerja sekaligus pembinaan PKK kabupaten/kota ini, dia pun menetapkan Desa Ngestiboga 1, Kecamatan Lokajaya, Kabupaten Musi Rawas sebagai desa ketahanan pangan.
“Dengan prestasi yang pernah diraih Desa Ngestiboga 1 yaitu juara 2 ketahanan pangan tingkat nasional pada tahun 2018, maka desa ini ditetapkan sebagai desa ketahanan pangan. Harapan saya agar PKK kabupaten/kota dapat belajar dari desa ini bagaimana meningkatkan ketahanan pangan bagi keluarga dengan memanfaatkan hasil kebun dan tanaman,” ungkap dia.
Tidak hanya memberikan arahan dan pembinaan PKK saja, Feby juga menyerahkan bantuan 5 eksemplar buku The Power of Etiquette karya Sri Rahayu Suroso untuk sudut baca PKK, dan penyerahan 1 eksemplar buku Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara oleh Yayasan Kemala Bhayangkari serta 1 CD Mars PKK.
Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Ngestiboga 1, Irene Hari Cahyani mengungkapkan pihaknya merasa terhormat atas kunjungan Ketua TP PKK Sumsel. “Kami sudah melaksanakan sepuluh program pokok PKK dengan maksimal. Kami sampaikan ucapan terima kasih juga atas bantuan dana dari bapak Gubernur untuk PKK Desa dan Posyandu,” tukas dia.
Dilanjutkan Irene, Desa Ngestiboga 1 terdiri dari 6 dusun, dengan 950 Kepala Keluarga, yang sebagian besar warganya bermata pencaharian petani karet. Rip

 

Baca juga :  Kendalikan Inflasi di Sumsel, TPID Difokuskan

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita