oleh

Erry Gustion : Pendidikan Moral Penting Untuk Generasi Muda

Kolom:Peristiwa|20 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Erry Gustion selaku ketua Bidang Organisasi dan kepemudaan PPRA LIV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum Ormas Komite Pemuda Kebangsaan sangat menyayangkan karakter anak bangsa khususnya generasi muda yang bersikap apatis dengan persoalan yang dihadapi oleh negara saat ini yang diakibatkan oleh modernisasi yang menggerus budaya Indonesia.

“Lembaga pendidikan yang ada seharusnya berperan menjadi acuan untuk mendidik karakter generasi muda untuk lebih peka terhadap isu-isu yang sedang berkembang dan dapat memilah mana yang harus diserap dan tidak,” ujar Erry Gustion kepada wartawan Nuansakita.com usai diskusi kampung di hotel Maxone,(27/1).

Baca juga :  Belman Karmuda Terpilih Menjadi Tokoh Inspirasi Sumsel

Bowie sapaan akrab Erry Gustion mengungkapkan bahwa generasi muda sekarang bukan hanya bersikap apatis tetapi juga kebanyakan bersikap hedonis yang berakibat tidak memperhatikan soal ekonomi dan kesadaran berpolitik secara nyata. padahal generasi muda merupakan tonggak untuk mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Awal mula pembentukan karakter anak bangsa yakni berasal dari rumah, dimana anak-anak ini mendapatkan pengajaran dari orang tua dan lingkungan. Selain itu juga sekolah tidak kalah penting membangun karakter anak bangsa ini dengan pengajaran yang diberikan oleh guru,”.

Baca juga :  Sumsel Zero Kabut Asap

Di era globalisasi sekarang ini, media berperan untuk membentuk karakter anak bangsa yakni dengan tayangan yang mendidik ataupun berita yang tidak patut untuk disiarkan.

“Pendidikan yang di dapatkan dari menonton televisi dapat juga berdampak negatif untuk psikologis yang terbangun, misalkan saja tayangan penangkapan tersangka korupsi yang bisa merusak moral bangsa. jika ditayangkan setiap hari, maka tindakan korupsi dianggap biasa saja,’ jelasnya.

Kedepan peran media harus dapat memfilter berita yang harus disiarkan atau tidak disiarkan. Untuk berita yang disiarkan hendaknya dengan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, tukasnya.

Baca juga :  BUMN dan Swasta Diajak Proaktif Gelar Swab Tes Bagi Masyarakat Umum

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita