oleh

Finda : Pemukiman Kumuh Perlu Pembenahan

Kolom:Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda secara langsung melihat hasil pengerjaan jalan jerambah beton di Kelurahan 2 Ulu Kecamatan SU II. Hal ini merupakan tinjauan langsung atas penataan kawasan pemukiman kumuh di kota Palembang yang saat ini masih perlu dibenahi sampai tuntas. rabu (8/3)

Dalam hal ini tentunya masalah ini haruslah didukung oleh Pemerintah pusat guna mengentaskan wilayah kumuh. Melalui program Neighborhood Upgrading Shelter Project (NUSP) di bawah kementrian Pekerjaan Umum (PU).

Finda sapaan akrabnya mengungkapkan, kawasan yang ada disekitar sudah lebih baik dari kemarin, penataan sekitar sudah ada tamanya seperti, pot bunga dan tempat duduk beton.

Baca juga :  Marak Berita Hoax, Gubernur Sumsel Himbau Masyarakat Agar Pandai Memilah Informasi

“kita harapkan kepada masyarakat agar bisa menjaga kebersihan dan keindahan yang sudah dibuat oleh Pemerintah. Tadi saya melihat anak-anak sekitar bermain, duduk dipelataran saluran air yang ada bangkunya, ini membuktikan bahwa penataan ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka,”jelas Fitrianti Agustinda saat kelokasi 2 ulu.

Lanjut Finda, NUSP-2 adalah program penanganan kawasan permukiman kumuh di perkotaan yang dilaksanakan melalui kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta,serta penguatan kapasitas kelembagaan daerah untuk menjamin terlaksananya pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di perkotaan yang mandiri dan berkelanjutan serta berpihak pada masyarakat miskin.

Baca juga :  2.859 Desa di Sumsel Terima Dana Desa

“NUSP-2 dilaksanakan berbasis pemberdayaan masyarakat dan melibatkan peran aktif para pemangku kepentingan di daerah. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan yang terkait dengan peningkatan kualitas kawasan permukiman.

Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang lebih besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai,”Tukasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita