oleh

Ganti Rugi DEPO LRT Dalam Tahap Penyelesaian

Kolom:Hukum, Peristiwa|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Rencana Ganti rugi wajar pembangunan DEPO (Light Rail Transit) LRT di kawasan Jakabaring hingga saat ini masih dalam tahap penyelesaian akhir. Sebelumnya, beberapa waktu lalu, masih ada sekitar dua hektare lebih lokasi depo yang bermasalah dan tumpang tindih dari jumlah lokasi 4 hektare Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Assiten I Bidang Pemerintahan Ikhawanuddin.Menurutnya, persoalan ini telah dibahas beberapa kali dalam pertemuan, termasuk dalam pertemuan hari ini.

“Saya pimpin rapat dalam rangka permasalahan hukum di areal DEPO sudah kita clearkan tapi proses proyek satu November harus bisa berjalan itu yang saya musyawarahkan dengan pemilik tadi,” jelasnya pada awak media, Kamis (20/10).

Baca juga :  Gubernur Alex Hadiri Rapat Paripurna XXXVIII DPRD Sumsel

Ditambahkan Ikhwanudin, persoalan ganti rugi areal DEPO sudah dikemukakan, pemerintah provinsi Sumatera Selatan juga berkonsultasi dengan pakar hukum dan pihak kejaksaan, menanyakan bagaimana pendapat hukum apabila ingin merubah peta yang dibuat Badan Pertanahan Negara(BPN) yang isinya tumpang tindih dengan masyarakat

Tetapi, dalam hal ini pemprov Sumsel tidak ingin gegabah dalam mengambil tindakan, karena dijelaskan Ikhwanudin apabila masyarakat meminta ganti rugi, pemerintah harus menyesuaikan kebenarannya dengan peta bidang yang dibuat BPN Banyuasin. “Kita tidak berani membayar ganti rugi tanah apabila tidak dibuat peta bidangnya oleh BPN Banyuasin,” ungkpanya.

Baca juga :  Pantauan Titik Api Bervariatif, Sumsel Masih Aman Dari Karhutla

Selain itu, lanjutnya, pemprov Sumsel juga telah bersepakat dengan masyarakat untuk melakukan pendapat hukum di kejaksaan, apapun hasil dari pendapat hukum pemerintah akan tetap konsisten dengan hasil tersebut

“Minggu depan, Senin tanggal 24 sudah clear, mudah mudahan dua atau tiga hari clear di bawah tanggal satu November clear apapun dari pendapat hukum kita akan kosisten untuk melaksanakannya. Yang penting proyek jalan terus, kita mendekati masyarakat supaya proses hukum jalan terus apapun hasilnya nanti,” tutupnya.(juwita)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita