oleh

Gebyar Mobile JKN Berikan Kemudahan Bagi Peserta

Kolom:Peristiwa|32 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Perkembangan zaman menuntut setiap orang untuk siap dalam setiap perubahan yang terjadi dan seiring dengan kemajuan teknologi untuk memudahkan setiap orang dalam melakukan aktivitas, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada peserta melalui “Gebyar Mobile JKN”.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, menjelaskan kepada para pengunjung taman secara langsung bagaimana cara mendownload aplikasi Mobile JKN dan membagikan leaflet tentang fitur-fitur yang ada di aplikasi mobile JKN.

“Ini juga merupakan upaya agar masyarakat dapat segera mengetahui kemudahan-kemudahan yang didapat oleh peserta JKN-KIS jika mereka menggunakan Aplikasi Mobile JKN,” ucap dia, Selasa (03/04).

Baca juga :  Terima Rektor Unbara, Gubernur Sumsel Minta Kembalikan Marwah Petani

Menurutnya, ada 5 kemudahan menggunakan aplikasi Mobile JKN yaitu Kemudahan mendaftarkan dan mengubah data Kepesertaan, Kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan, dan Kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

Selain kemudahan yang didapat, ada 14 fitur yang terdapat dalam Aplikasi Mobile JKN antara lain, menampilkan informasi kepesertaan dan anggota keluarganya, mengubah nomor telepon, alamat email yang terdaftar, mengubah alamat surat yang terdaftar, pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama, pindah kelas rawat.

Baca juga :  Hujan Lebat, Akibatkan Jalan Protokol Banjir

Kemudian, menampilkan kartu JKN-KIS dalam bentuk digital dan dapat digunakan saat melakukan pelayanan kesehatan, calon peserta dapat melakukan pendaftaran peserta (PBPU) dengan memasukan nomor KTP selanjutny peserta akan mendapatkan email nomor VA, menampilkan tagihan peserta PBPU, melakukan pendaftaran via mobile dan menampilkan panduan pembayaran sesuai dengan channel pembayaran yang dipilih.

Dan juga, menampilkan riwayat pembayaran premi, via mobile dan denda, menampilkan nomor Virtual Account peserta, menampilkan histori pelayanan peserta dan dapat memberikan ratirng dan komentar terhadap pelayanan yang pernah diterima, pendaftaran pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan tingkat pertama, melakukan deteksi dini penyakit melalui skrining riwayat kesehatan.

Baca juga :  Dokter Spesialis Okupasi Di Indonesia Masih Minim

Masih lanjutnya, memperoleh informasi seputar program JKN KIS antara lain syarat dan ketentuan pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, sanksi dan manfaat program JKN KIS, Mengetahui alamat dan lokasi kantor BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdekat dengan posisi peserta saat itu, serta menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan tertulis atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400.

“Melalui aplikasi Mobile JKN, Program JKN KIS berada dalam genggaman,” tukasnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita