oleh

Gelar USMB, Unsri Gandeng Tiga PTS

Kolom:Peristiwa|47 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sebanyak 7.035 peserta mengikuti Ujian Seleksi Masuk Bersama (USMB) di Universitas Sriwijaya (Unsri) yang bekerja sama dengan tiga kampus sekaligus yakni Universitas PGRI, Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), dan Universitas Tridinanti Palembang (UTP).

Dikatakan ketua panitia lokal (panlok) USMB, Zulkifli Dahlan meskipun sudah bekerjasama dengan tiga kampus, tetapi tidak semua peserta akan lolos, karena setiap kampus memiliki nilai standar masing-masing.

“Walaupun kita sudah bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tapi mereka (kampus) juga ada kuota dan batasan nilai, sehingga tidak semua peserta dapat lolos menjadi calon mahasiswa baru (maba) walaupun itu di PTS, karena ada standar nilainya,” ujar Zulkifli didampingi oleh Wakil Rektor 1 Unsri, Zainudin di kantor pusat adminitrasi Unsri, Selasa (18/07).

Baca juga :  6 Tahun Menderita Stroke, Mawarti Menangis Haru Dapat Pengobatan Gratis Gubernur Sumsel

Setelah melaksanakan USBM ini, nantinya hasil ujian akan dilakukan proses scanning dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 21 Juli 2017. Untuk Unsri sendiri, menurut Zulkifli hanya akan menampung sekitar 30 persen dari kuota keseluruhan penerimaan maba di Unsri.

“Kuota kita adalah 2100 peserta ditambah dengan 300 calon maba yang tidak mendaftar ulang. Berarti 30 persen itu sekitar 111 peserta,” urai Zulkifli.

Setelah pengumuman, nantinya para peserta diharapkan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan, verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta dokumen-dokumen yang ditetapkan.

Baca juga :  NBA Bidik Sumsel Menjadi Pusat Pelatihan Bola Basket  

“Pada tanggal 1 Agustus 2017, para maba ini sudah diresmikan oleh rektor di Auditorium Unsri yang rencananya akan dihadiri dan selaku pembicara utama yakni, Jaksa Agung dan Menteri Keuangan,” imbuhnya.

Zulkifli pula menegaskan, jangan percaya dengan oknum-oknum yang menawarkan jasa bisa meluluskan peserta menjadi mahasiswa Unsri. “Jadi jangan percaya, karena yang menentukan kelulusan itu hanya rektor, wakil rektor, dan dekan,” tegasnya.

Meski tak lolos jalur USMB ini, para mahasiswa masih bisa menjadi mahasiswa Unsri di Program Diploma 3 (D3) Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komputer.

Baca juga :  Rapat Teknis Komunikasi Informatika Statistik Dukung Perkembangan Teknologi Informasi di Sumsel

“Seleksinya baru bakal diadakan pada tanggal 25 Juli mendatang. Jika dalam seleksi terakhir ini masih tidak lolos ya mau bagaimana lagi,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita