oleh

Gubernur Ajak Sekda se-Sumsel Tekan Angka Kemiskinan

Kolom:Peristiwa|6 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru resmi mengukuhkan pengurus Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Periode 2018-2021, di Hotel Aryaduta, Kamis (03/01).
Pengukuhan tersebut berdasarkan Keputusan Komisariat wilayah forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia Sumsel Nomor : 01/ Komwil Forsesdasi / 2019 tentang susunan pengurus Komisariat Wilayah Forsesdasi Sumsel Periode 2018- 2021.
Dalam susunan tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru didaulat sebagai pengawas Komwil Forsesdasi Wilayah Sumsel bersama Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar dan Bupati/Walikota se-Sumsel, sementara Ketua Komwil Forsesdasi Wilayah Sumsel adalah Sekda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).
Pada kesempatan itu, Herman Deru mengaku bangga dapat hadir si tengah-tengah pertemuan para Sekda Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumsel. Menurutnya peran Sekda sangat besar dalam membantu kepala daerah mengambil kebijakan.
“Biasanya sebelum kebijakan itu diketok tetap kepala daerah itu akan diskusi dengan Sekda, dan kontribusi pemikiran itu diatas 60 % itu akan diikuti oleh kepala daerah. Maka saya sarankan kepada para Sekda Kabupaten/Kota untuk mengajak Bupati/Walikotanya mengatur anggaran focus menekan angka kemiskinan untuk menggapai kesejahteraan,” ungkapnya.
Kedepan, HD menargetkan kemiskinan Provinsi Sumsel harus sama dengan nasional yakni 9%. Ia menuturkan, target ini apakah bisa tercapai di 2019 ini atau belum harus dilihat progresnya setelah infrastruktur selesai.
“Karena 2019 ini targetnya infrastruktur selesai, mudah-mudahan dampaknya infrastruktur selesai ini berdampak pada percepatan penurunan angka kemiskinan. Jadi apapun pernak-pernik yang mau dibangun, pernak-pernik kebijakan tetap arahnya satu yakni kesejahteraan rakyat,” katanya.
Sebelumnya di tempat yang sama, Sekda Sumsel Nasrun Umar mengatakan, keberadaan Forsesdasi dinilai sangat penting, sebagai salah satu wadah bagi para Sekretaris Daerah untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, membantu kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.
“Sekretaris Daerah memiliki peranan yang sangat penting dalam mengawal berbagai proses perubahan terutama dalam melakukan gerakan reformasi birokrasi,” ujar Sekda Nasrun yang juga bertindak sebagai Ketua Umum DPP Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi).
Nasrun menegaskan, para sektertaris daerah yang ada di 17 Kabupaten/kota di Sumsel harus berupaya secara optimal dalam meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pegawai, di samping mewujudkan jalannya pemerintah  yang bersih, berdaya saing melalui pengelolaan sumber daya manusia aparatur yang profesional.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada para Sekda se-Sumsel yang sudah mendukung, sehingga saya terpilih sebagai Ketua Umum Forsesdasi Indonesia. Saya juga menginginkan Komwil Sumsel dapat menjadi icon ataupun contoh bagi Komwil lain,” harapnya. Rip
Baca juga :  Jajal Bowling dan Rumput di Jakabaring, Wapres JK Optimis Persiapan Asian Games Selesai Tepat Waktu

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita