oleh

Gubernur Deru : Tugas Pemimpin Melayani Bukan Minta Dilayani

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Musirawas : Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menegaskan, dari awal niatannya untuk menjadi pemimpin yang dapat melayani dan bukan minta dilayani oleh masyarakat.

Penegasan tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat di sela-sela lawatannya di Desa Temuan Sari, Kecamatan Muara Keliling, Kabupaten Musirawas, kemarin malam.

“Alḥamdulillah di hari ke 74, saya menjabat sebagi gubernur Sumsel, kita bertemu kembali dengan diberikan kekuatan dan kesehatan, malam hari ini kita diberikan kebahagiaan bisa bersilaturahmi dan wayangan semalam suntuk,” tegas HD mengawali sambutannya dihadapan ratusan warga setempat.

Dia yang saat itu didampingi Bupati Musirawas, Hendra Gunawan mengakui, sudah selayaknya sebagai Gubernur dirinya harus banyak berkunjung ke desa -desa, kecamatan serta ke kabupaten/kota di Sumsel.

Baca juga :  Ratusan Pedagang Tolak Revitalisasi Pasar Cinde

“Sebab sebagai seorang pemimpin sudah seharusnya memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dipimpin dan bukan sebaliknya justru minta dilayani,” paparnya.

Turun langsung ke desa desa membaur dengan rakyat, lanjut HD bukanlah hal yang asing bagi dirinya, bahkan sejak dirinya menjabat sebagai Bupati OKU Timur priode yang pertama tahun 2005 hingga berakhir jabatan pada priode kedua tahun 2015 lalu. Dirinya hampir setiap hari beraktifitas di luar kantor bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saking seringnya turun ditengah masyarakat, Saya disebut bupati dua lima, yakni, dua hari di kantor dan lima hari turun langsung melayani dan menyerap aspirasi masyarakat,” tambahnya.

Baca juga :  Cuaca Ekstrim, Pemprov Sumsel Siapkan Diri

Masih dikatakannya, berbagai persoalan yang didapatkannya ketika melakukan kegiatan ditengah masyarakat, mulai dari jalan rusak, irigasi jebol, masalah kemanan, bahkan ayam hilangpun warga lapor langsung dengan dirinya sebagai bupati.

“Saya biasa jalan kedesa-desa menggunakan motor sendirian, kadang bersama istri. Karena itu tidak heran 320 desa dalam 20 kecamatan di OKU Timur, saya hafal nama desa sekaligus nama kepala desanya,” tambah dia.

Apa yang pernah dilakukannya di OKU Timur, lanjut HD, akan diterapkannya juga ketika menjabat Gubernur Sumsel sebagai Gubernur dua lima,dua hari di kantor dan lima
hari turun melayani masyarakat.

Baca juga :  Ketua KONI Terpilih Majukan Olahraga Sumsel

“Masyarakat kita tidak cukup diberikan fasilitas infrastruktur saja namun lebih dari itu, masyarakat kita butuh sentuhan seorang pemimpin,” ungkapnya.

Sementara itu, Rasiman salah satu tokoh masyarakat Desa Temuan Sari Kecamatan Muara Keliling, Kabupaten Mursirawas mengaku bangga memiliki Gubernur yang dekat dengan rakyat seperti sosok Herman Deru.

“Kami warga desa Temuan Sari sangat tersanjung mendapatkan kunjungan silaturahmi pak Herman Deru. Mudah-mudahan beliau diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan amanah ini sebagai Gubernur Sumsel ini,” harapnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita