oleh

Gubernur Sumsel Antar Kedua Cucunya Ambil Kartu Identitas Anak

Kolom:Peristiwa|19 kali dilihat
NunasaKita – Palembang : Sebagai bentuk edukasi pada masyarakat Sumsel dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Gubernur Sumsel Herman Deru mengantar langsung kedua cucunya Danis  dan Deka untuk mengambil KIA di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang, Kamis (31/01).
Ini juga sebagai bentuk perhatian di tengah padatnya agenda rutinitas  sebagai Gubernur Sumsel. Namun Herman Deru tetap meluangkan waktu untuk kedua cucunya tersebut.
Dengan didampingi istri tercinta Febrita Lustia serta putri sulungnya Percha Leanpuri, orang nomor satu di Sumsel itu menyampaikan pentingnya KIA bagi anak yang masih dibawah 17 tahun. Kartu tersebut merupakan awal mula data diri seseorang.
“Saya sengaja datang langsung ke tempat ini, sebagai bentuk ajakan atau minimal menginspirasi kalangan orang tua. Agar mereka mau membuat KIA bagi anak-anaknya,” jelasnya.
Ia juga menghimbau, para orang tua untuk segera mendaftarkan anak mereka yang berusia di bawah 17 tahun ke Disdukcapil di wilayahnya masing-masing, untuk mendapatkan KIA yang pada saatnya kartu ini digunakan saat si anak akan mendaftar sekolah selain akta kelahiran.
“Saya mendorong pembuatan KIA ini disebabkan ke depannya nanti. Pemerintah akan memberlakukan satu kartu identitas untuk satu orang. Kartu ini  merupakan awalannya sebelum ada  kartu identitas diri lainnya,” tambah Deru.
Dia juga meminta Dukcapil Palembang agar memberikan penghargaan (Reward) bagi  kalangan RT atau RW yang telah berhasil menggerakan masyarakat dilingkungannya untuk membuat KIA. Bahkan dirinya berjanji akan memberikan bantuan kendaraan untuk layanan jemput bola dalam pembuatan KIA tersebut.
“Untuk kelancaran tugas melayani masyarakat. Kita akan bantu berupa kendaraan operasional agar pelayanan pada masyarakat dapat lebih maksimal,” tambahnya.
Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Palembang, Edwin Effendi dikesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumsel bersama kedua cucunya untuk mengambil KIA.
“Terima kasih atas kehadiran bapak Gubernur, ini akan menjadi contoh bagi masyarakat kota Palembang,” ucapnya.
Dia menyebutkan dari data pelayanan pembuatan kartu identitas diri atau KTP bagi masyarakat Kota Palembang. Hingga saat ini sudah ada sekitar 1,8 juta jiwa wajib KTP. Sedangkan yang telah melakukan  perekaman e-KTP mendekati angka  10 ribu jiwa.
“Kami rutin mengadakan perekaman e-KTP ini dengan cara jemput bola. Terutama dengan mendatangi lokasi pusat keramaian. Bahkan saat akhir pekan saat warga tengah gotong royong membersihkan lingkungan. Kami juga ada disitu,” imbuhnya. Rip
Baca juga :  Semen Baturaja Melakukan Serah terima Angkutan Armada

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita