oleh

Gubernur Sumsel Bakal Gulirkan Saprodi  Bagi Petani Korban Banjir

Kolom:Peristiwa|0 kali dilihat
NuansaKita – OKU Timur : Para petani yang terdampak banjir yang sempat merendam puluhan hektare lahan sawah di sejumlah desa di Kabupaten OKU Timur, Jum’at (08/05) lalu akan mendapatkan dari Gubernur Sumsel, Herman Deru.
Bahkan, Gubernur Herman Deru menyempatkan meninjau langsung ke lokasi banjir sekaligus mengecek kondisi warga yang terkena banjir akibat luapan sungai komering tersebut.
Saat melakukan peninjauan ke Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten OKU Timur, Senin (11/05), dirinya mengintruksikan langsung jajaran Dinas Pertanian dan pihak terkait untuk melakukan pemetaan dampak yang timbul khususnya kerusakan bidang pertanian.
“Saya intruksikan Kepala Dinas Pertanian dan OPD terkait untuk segera mengirimkan pengadaan sarana produksi (saprodi) pertanian seperti benih, pupuk, dan lainnya. Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu daerah yang menopang Provinsi Sumsel sebagai lumbung pangan, meskipun gempuran ujian yang luar biasa, saya liat masyarakatnya masih tetap tangguh, tangguh imannya dan tangguh gotong royongnya,” tegasnya.
Menurutnya, Pemerintah baik itu Pemprov Sumsel maupun Pemkab OKU Timur memberikan perhatian penuh untuk meringankan beban yang ditanggung masyarakat. Kendati saat ini Indonesia  bahkan dunia masih didera pandemi covid-19, ia mengucapkan terimakasih karena Kabupaten OKU Timur masih tetap dalam kondisi kondusif.
“Saat didera musibah, ini menjadi ringan pemerintah tetap selalu ada dalam suka dan duka. Saya bangga masyarakat disini meskipun ada musibah, ibadahnya tetap berjalan. Pertahankan ibadah kita jangan terganggu, saat ini kita diuji ketangguhan dan kegotong-royongan,” tuturnya.
Beberapa titik dikunjungi oleh Gubernur Sumsel untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir berupa sembako, selimut, makanan ibu hamil, makanan balita dan peralatan sekolah kepada warganya.
Titik lokasi kunjungan kerja gubernur di Kabupaten OKU Timur dimulai dari Desa Bunga Mayang, kemudian Kampung Sawah, Mako Batalyon Armed. Diteruskan ke lokasi selanjutnya Puslatpur dan terakhir Desa Pulau Negara untuk meninjau jembatan yang putus karena dihantam banjir.
Sementara itu, Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi dalam laporannya mengatakan, banjir yang melanda Kabupaten OKU Timur merupakan banjir kiriman Sungai Komering di wilayah OKU Selatan.
“Kondisi air berangsur sudah turun, namun sedang naik diwilayah bagian bawah. Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Oku Timur untuk masyarakat yang terdampak banjir diantaranya memberikan bantuan darurat mulai Sabtu pagi hingga Minggu kemarin,” tukasnya. Rip
Baca juga :  Buka Simposium Pediatric, Gubernur Sumsel Ikut Cek Jantung

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita