oleh

Hari Juang Kartika, TNI Wujudkan Indonesia Yang Berdaulat Mandiri dan Kepribadian

Kolom:Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka memperingati hari Juang Kartika tahun 2016, jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya menggelar upacara di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, yang mengusung tema “Melalui Hari Juang Kartika Kita Mantapkan Jati Diri TNI AD Dan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”

Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen Sudirman mengatakan,  berbagai kegiatan sosial yang dilakukan ini untuk merefleksi TNI yang mengedepankan kepentingan rakyat diatas segalanya.

“Tema tersebut bermakna TNI dan rakyat senantiasa tumbuh berkembang bersama rakyat, kita meyakini akan semakin kuat jika manunggal bersama rakyat, bersama rakyat mmpertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Mayjen Sudirman usai upacara, (16/12).

Baca juga :  Dispenda Naikan Target Pajak

Menurut Sudirman, pihaknya patut bersyukur terhadap kepercayaan rakyat terhadap TNI AD dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi. “TNI telah tumbuh menjadi organisasi yang profesional dan modern, namun tidak melupakan rakyat. Dan dalam perkembangan organisasi tersebut, TNI AD telah mampu mewujudkan pesan dan amanat Jendral sudirman,” urainya.

Dijelaskannya,  terdapat tiga makna dari peringatan Hari Juang Kartika. “Bahwa kekuatan senjata akan dikalahkan oleh kemanunggalan TNI dan rakyat. Lalu, Kekuatan senjata serta kekuatan pasukan akan dikalahkan oleh semangat patriotisme pejuang kita. Dan kehebatan musuh kalah dengan kepemimpinan Jendral Sudirman pada waktu itu,” jelasnya.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Hadiri HUT ke-75 Musi Rawas

Mayjen Sudirman juga mengatakan, seusai menggelar upacara, pihaknya menggelar pasar murah di beberapa Korem seperti Bengkulu, Palembang, Jambi, Lampung dan Bangka Belitungl. “Diawali dengan bakti sosial seperti donor darah dan lainnya,” tukasnya.

Dalam kegiatan upacara tersebut hadir beberapa pejabat di lingkungan provinsi Sumsel seperti Sekda Provinsi Sumsel, para Dandim dan Danrem di lingkungan Kodam II/Sriwijaya, Kapolresta Palembang, Wakapolda Sumsel, Legiun Veteran, serta jajaran TNI Kodam II Sriwijaya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita