oleh

Harnojoyo : Kedepan Sewa Pasar di Palembang Tahunan

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|12 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Kenaikan harga sewa yang di alami oleh para pedagang pasar belum mendapatkan solusinya, sedangkan pihak PD Pasar Palembang Jaya sudah mengeluarkan tarif sewa kios lapak untuk pasar tradisional yang ada di bawah pengelolaannya. Selebaran kenaikan tarif sewa ini sudah disebarkan oleh PD Pasar kepada para pedagang yang ada di sejumlah pasar tradisional di Palembang.

Walikota Palembang H. Harnojoyo memberikan jawaban saat rapat Paripurna di DPRD kota palembang tentang pandangan umum fraksi – fraksi, (18/11) mengatakan, “untuk permasalahan pasar, sistem sewa pasar dalam hal ini akan di ambil sewa tahunan saja” jawabnya.

Baca juga :  Pemkot Palembang Hidupkan Kembali Budaya Gotong Royong

Koordinator Pasar Sekip Jamal mengatakan, mereka sudah menerima selebaran dari pihak PD Pasar kemarin rabu 916/11), ” sebelumnya kami hanya membayar Rp 300 ribu pertahun, namun dari selebaran tersebut kami harus membayar sewa kios tersebut lebih mahal dari sebelumnya” katanya

Jamal menambahkan, dalam selebaran yang diterima pedagang,” tarif sewa kios dibedakan berdasarkan kelas atau tipe, Bahkan ada beberapa pasar tradisional yang saat ini beralih dari tipe C menjadi tipe D seperti pasar Lemabang, pasar KM5, pasar 10 Ulu, pasar Sekip, pasar Bukit Kecil, pasar Padang Selasa, pasar Kamboja, pasar Kebon Semai, pasar Kertapati, pasar 3/4 Ulu, pasar Tangga Buntung dan pasar Yada”tambahnya.

Baca juga :  China ASEAN Expo Mampu Datangkan Investor Ke Indonesia

Disaat yang berbeda Direktur Operasional PD Pasar Palembang Jaya Febriyanto mengatakan bahwa kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihaknya menyebabkan timbulnya polemik mengenai kenaikan harga sewa kios, “Pasar kan banyak, jadi kita butuh waktu untuk lakukan sosialisasi itu, bertahaplah,”ungkapnya.

Febrianto juga menjelaskan, pedagang yang melakukan aksi penolakan seharusnya jangan melihat kenaikan sewa tarif tersebut berdasarkan tipe pasar, karena untuk tempat mereka merupakan pasar dengan tipe D, Apalagi dengan ketetapan yang dikeluarkan oleh pihaknya,”pedagang tidak lagi dibebankan dengan biaya retribusi bulanan namun langsung membayar sewa selama satu tahun” jelasnya. (desta)

Baca juga :  PMI Diminta Siaga Layani Masyarakat di Masa Pandemi

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita