oleh

Harus Ada Kebijakan Yang Berpihak Bagi Petani Kelapa

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Banyuasin : Industri kelapa di Sumatera Selatan merupakan komoditi dengan pendapatan yang besar selain Riau, Manado, dan Sulawesi Selatan. maka dari itu, diharapkan ada kebijakan harga yang adil bagi petani. hal ini disampaikan oleh Belman Karmuda selaku tokoh inspirasi Sumsel dalam acara dialog kerakyatan memajukan sektor kelapa di Tanjung Lago Banyuasin, selasa (15/11).

Indonesia dengan ekspor terbesar berada di daerah Riau dengan jumlah 1.9 juta perbutir setiap harinya. maka dari itu untuk meningkatkan perekonomian yang ada di Sumsel sebagai penghasil kelapa terbesar maka diperlukan tataniaga ekspor.

Baca juga :  Tahun Ini, Jembatan Ampera di Palembang Akan Dipercantik

kelapa merupakan tanaman asli dari Indonesia dan sekarang termasuk industri yang lagi booming, ada nilai tambah yang harus dibuat untuk mempertahankan kesejahteraan masyarakat. dengan cara jangan mengekspor kelapa dalam bentuk jadi, tetapi diolah terlebih dahulu dari airnya, daging, maupun batoknya baru diekspor. dengan cara seperti itu dapat meningkatkan potensi ekonomi yang ada.

ditambahkan, usaha ekonomi produktif harus diperjuangkan. disini pihak dinas sosial akan siap membantu untuk petani-petani dalam usaha ekonomi produktif, diharapkan kepada disperindag untuk berhati-hati dalam menaik turunkan harga karena bisa berdampak pada kehidupan sosial. pada sektor pertanian ini juga, pihak dinas pertanian harus fokus terhadap sektor kelapa karena sekarang hanya terfokus pada padi, jagung, dan kedelai. tegasnya,(desta)

Baca juga :  Buka SAIK 2017 di Palembang, Menpan-RB Akui Keberhasilan Mimpi Besar Alex Noerdin

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita