oleh

HIPKA Dorong Industri Perekonomian Rakyat

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|4 kali dilihat

Nuansakita-Palembang : Untuk membangun perekonomian bangsa, khususnya di Sumsel dengan angka kemiskinan 15% dari jumlah penduduk di Sumsel, maka Himpunan Pemuda KAHMI (HIPKA) membangun industri perekonomian rakyat, salah satu faktor yang sangat urgent banyaknya tingkat kelulusan dari Universitas yang menyebabkan bertambahnya tingkat pengangguran yang ada.

Erwanto Yusuf yang terpilih menjadi ketua DPW HIPKA Sumsel periode 2016-2021 saat dilantik di hotel Santika, Sabtu, (26/11) mengungkapkan, ketika tingkat pengangguran bertambah, maka harus ada langkah konkrit yang dilakukan generasi muda untuk membuka lapangan pekerjaan dengan cara usaha kecil-kecilan.

Baca juga :  KNPI Gelar Mimbar Tokoh Pemuda

” Kami telah membangun rumah ekonomi kreatif yang nantinya bisa dimanfaatkan anak muda yang akan memulai usaha, langkah selanjutnya bisa mendaftar dan akan disediakan investor untuk modal awal usaha, penting sekali membangun paradigma untuk menjadi wirausaha di jaman yang semakin maju ini. Ketika perekonomian naik maka kesejahteraan pun akan maju”, ungkapnya.

Tubagus Fahri selaku ketua HIPKA pusat, mengungkapkan HIPKA ini dibuat pada tahun 2010 dengan pembangunan di 27 Provinsi yang ada di Indonesia. Yang pada awalnya hanya berfokus pada bidang Pendidikan, politik, birokrat saja. Seiring perkembangan jaman, penting untuk mengembangkan potensi usaha yang ada, imbuhnya.

Baca juga :  Penyebab Utama Kematian Ibu Melahirkan Adalah Pendarahan

Kepala BAPPEDA Sumsel DR. Ekowati Retnaningsih menambahkan bahwa angka pengangguran terbuka di sumsel bertambah sebesar 4%. Maka dari itu, dibutuhkan pengembangan ekonomi untuk menaikkan taraf hidup yang layak.

Setelah Indonesia masuk dalam daftar MEA ini kan persaingan semakin bebas, dari mulai bebas masuk barang, jasa, dan investasi.

“Di persaingan pasar bebas ini, jangan sampai Indonesia khususnya Sumsel menjadi target pasar karena sikap konsumtifnya, serta menjadi pemasok bahan baku saja, harus ada industri usaha yang bisa memajukan Sumsel ini, tegasnya.

Baca juga :  PERDOKI Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan ke X di Sumsel

Kedepan diharapkan HIPKA dapat bekerjasama dengan kesbangpol dengan memberikan pelatihan dan monitoring terhadap industri perekonomian rakyat yang dibuat. Dan produksi awal bisa dibiayai oleh pemerintah, tutupnya. (Desta)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita