oleh

Ibu-Ibu di Muba Diminta Aktif Cek Kesehatan Reproduksi

Kolom:Peristiwa|5 kali dilihat
NuansaKita – Muba : Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi mengajak dan menghimbau masyarakat Desa Mekar Jadi, Kecamatan Sungai Lilin, terutama ibu-ibu untuk aktif dan rutin memeriksakan kesehatan reproduksinya secara berkala. Hal ini disampaikan Fauziah Mawardi Yahya saat melakukan kunjungan kerja PKK Sumsel ke PKK Desa Mekar Jadi, Senin (25/11).
“Ayo Ibu-Ibu aktif periksakan kesehatan. Terutama tes iva (deteksi dini kanker serviks) juga lakukan Sadari ( Periksa Payudara Sendiri). Jangan malu dan sungkan memeriksakan kesehatan reproduksi,” kata Fauziah.
Mantan Ketua TP PKK Ogan Ilir dua periode itu mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati karena jika kesehatan reproduksi para Ibu terjaga dapat melahirkan generasi yang sehat dan cerdas. “Selain itu tugas kita sebagai kader PKK untuk melawan dan cegah stunting (kekerdilan) pada anak,” tandasnya.

Dalam kunjungan kerja PKK Sumsel ke Desa Mekar Jadi guna penilaian lomba 10 program pokok PKK itu, di hadapan para kader PKK desa dan kecamatan, Fauziah Mawardi Yahya tak bosan-bosannya mengingatkan kembali tentang pentingnya tertib administrasi PKK untuk segala kegiatan utamanya terkait surat menyurat.

Pada kesempatan itu, Fauziah menyerahkan bantuan CD Mars PKK, buku The Power of Etiquette karya Sri Rahayu Suroso untuk sudut baca PKK, dan buku Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara oleh Yayasan Kemala Bhayangkari, diterima langsung oleh Ketua TP PKK kabupaten Musi Banyuasin Tia Yufada.
Sementara itu, Ketua TP PKK Muba Tia Yufada mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PKK Sumsel yang telah bersedia berkunjung ke Desa Mekar Jadi. “Telah lama kami nantikan kehadiran tim penilai PKK Sumsel ke kabupaten Muba. Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Muba menyambut baik dan mendukung acara ini sehingga dapat mendorong bagi kemajuan masyarakat,” katanya.
Diungkapkannya, dirinya berharap melalui lomba 10 program pokok PKK dapat menjadi bahan evaluasi bagi PKK desa dan kecamatan. “Ada atau tidak ada lomba, saya minta anggota PKK tetap bekerja dengan semangat, namun dengan adanya lomba ini ada target yang harus dikejar juga indikator-indikator yang harus dicapai,” ujarnya.
PKK Desa Mekar Jadi sendiri telah melaksanakan program kerja PKK yang tertuang dalam kelompok kerja (pokja), seperti dikatakan Ketua TP PKK Desa Mekar Jadi, Dwi Susanti. “Kami berupaya mendukung program KB dan bidang kesehatan, dibuktikan masyarakat dengan mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS),” terangnya.
Dwi melanjutkan PKK Desa Mekar Jadi secara rutin melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terlebih bagi anak-anak, remaja, dan lansia. “Selalu memacu para kader untuk menerapkan pola hidup bersih,” tukasnya. Rip
Baca juga :  Angka Kemiskinan Sumsel Turun 0.45 Persen Dari Tahun Sebelumnya

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita