oleh

Ideologi Pancasila Mulai Tergerus Arus Globalisasi.

Kolom:Peristiwa|14 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pancasila merupakan ideologi utama yang dimiliki oleh segenap rakyat Indonesia, disamping itu implementasi dari nilai-nilai pun harus sesuai dengan budaya yang ada Indonesia. Tetapi, sekarang budaya gotong royong yang merupakan salah satu implementasi dari nilai pancasila mulai luntur karena arus globalisasi dan modernisasi yang berkembang.

Agung Nugroho, selaku staf ahli Walikota Bidang Pempolhuk dan HAM dalam sambutannya dalam agenda penyuluhan Permendagri No.29 tahun 2011 tentang Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di ruang rapat Parameswara kota Palembang, kamis  (15/9).  Mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan komitmen final bangsa Indonesia, jika ada upaya untuk mengganti dasar negara tersebut, maka harus berhadapan dengan seluruh bangsa Indonesia.

Baca juga :  Alex Noerdin Pastikan Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games

“seiring perkembangan zaman, nilai-nilai Pancasila disikapi secara beragam oleh bangsa Indonesia, yang mempengaruhi pola pikir dalam menyikapi nilai-nilai kebangsaan, imbuhnya”.

Sementara itu Fahmi Yoesmar,  akademisi UnSri, Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Globalisasi menyebabkan turunnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Pancasila, tidak hanya berkaitan dengan teknologi, tetapi juga dengan budaya dan kehidupan sehari-hari.ujarnya. (Desta)

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita