oleh

Industri Kelapa Sawit Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat.

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :   Industri kelapa sawit merupakan industri perkebunan yang sangat berpeluang mendorong perekonomian dan memajukan kesejahteraan rakyat. Dimana terbukti dari salah satu sektor pekebunan kelapa sawit di Sumsel dapat meningkatkan pendapatan devisa negara dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dari sektor kelapa sawit, hal yang paling utama dapat mengurangi pengangguran dimana semakin majunya industri ini maka semakin menyadarkan masyarakat untuk mulai membuka usaha perkebunan kelapa sawit. Indonesia, termasuk salah satu penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dimana Sumsel ini termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berpusat di Tanjung Api-api.

Baca juga :  FPI Bubarkan Pengobatan Gratis Massal

Hal ini disampaikan oleh Plt Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa dalam acara Pelantikan Pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Sumsel periode 2016-2019 di hotel Arista, Kamis (8/12).

Ketua terpilih Harry Hartanto dalam sambutannya, berharap kedepan industri kelapa sawit terus berkembang dan membawa kesejahteraan masyarakat, di tahun 2016 sebanyak  51,2% komoditi sawit dimiliki oleh masyarakat. Jadi ada peningkatan yang signifikan karena hampir 25% masyarakat ini hidup dari kelapa sawit, ujarnya.

Harry menambahkan, sampai sekarang GAPKI memproduksi kelapa sawit sekitar 3 juta ton pertahun, tahun 2016 indrustinya mengalami  penurunankarena asap. Kedepan dihimbau jangan sampai ada kebakaran hutan karena dapat menghambat hasil dari kelapa sawit ini.

Baca juga :  Nomenklatur Perangkat Daerah Harus Sesuai PP Nomor 18 thn 2016.

“Kelapa sawit termasuk industri strategis karena dapat mendukung perekonomian, target kedepan 3,2 juta ton,”.

Acara pelantikan GAPKI ini dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara GAPKI Sumsel dengan UNSRI dan CSR Kessos provinsi Sumsel. (desta)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita