oleh

Pangkalan Militer Rusia di Tartus Lindungi Kepentingan Timur Tengah

Kolom:Internasional|7 kali dilihat

NuansaKita – Rusia : Rusia membutuhkan sebuah pangkalan militer di kota pelabuhan Suriah Tartus untuk melindungi kepentingan nasionalnya, dan melindungi dari ancaman, meningkatkan pengaruh Rusia di Timur Tengah, meningkatkan kebijakan pertahanan dan luar negeri, serta untuk memberikan bantuan teknis dan logistik ke angkatan laut Rusia Mediterania, rabu, (12/10).

“Jika Rusia ingin sekali lagi memainkan peran utama di wilayah internasional, perlu dasar ini, terutama untuk melindungi kepentingannya,” ujar.George Messi, kepala departemen Hubungan Internasional di Universitas Amerika Sains dan Teknologi di Beirut, Lebanon ,

Baca juga :  Bupati Muba Diganjar Penghargaan PM Inggris, Alex Noerdin Bangga Pada Muba

Selain itu, Amerika Serikat telah mendirikan basis di seluruh dunia. Mengapa Rusia tidak dapat memiliki dasar setidaknya di Timur Tengah? keputusan Rusia untuk mendirikan basis skala penuh di Tartus sebagai “kekuatan bergerak.” Pertama dan terpenting, akan membantu untuk melindungi kepentingan nasional Rusia dan meningkatkan posisi geopolitik negara di Timur Tengah, katanya.

Pangkalan di Tartus akan memberikan “area support yang handal” untuk angkatan laut Rusia dikerahkan ke daerah. “Dasar skala penuh akan membantu untuk meningkatkan dukungan logistik dan teknis untuk aset angkatan laut kita,” jelasnya.

Baca juga :  Indonesia Kecam Keras Jatuhnya Korban dan Pembatasan Ibadah di Masjid Al-Aqsa

George Messi menilai bahwa Washington tidak akan senang dengan perkembangan ini. Selanjutnya akan mempersulit hubungan antara Moskow dan Washington terlepas dari siapa yang menang dalam pemilihan presiden mendatang di Amerika Serikat. Pemerintah AS berikutnya akan mencoba untuk melemahkan Rusia di Timur Tengah dan di luar

“Amerika harus memahami bahwa ini bukan tahun 1990-an. Rusia jauh lebih kuat sekarang,” katanya. “Barat, terutama Amerika Serikat, harus menerima bahwa Moskow telah menciptakan suatu realitas militer dan politik baru.” tegasnya.

Baca juga :  Sumsel Eratkan Kerjasama Bidang Pendidikan, Perkebunan dan Pariwisata dengan Malaysia

Hal yang sama disampaikan Korotchenko, analis politik Rusia,pangkalan udara Hmeymim, basis di Tartus “akan meningkatkan kebijakan luar negeri dan pertahanan Rusia,” bahwa mereka juga akan membantu untuk “menetralisir ancaman apapun.” “Jika kapal permukaan tempur baru dan kapal selam dilengkapi dengan rudal jelajah berbasis di Tartus, ini akan memungkinkan Moskow untuk menjaga situasi di Timur Tengah dan Mediterania terkendali” tegasnya,(sputniknews/Rob).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita