oleh

Intrusi Air Laut Capai Daratan, Air Baku Terancam Langka

Kolom:Peristiwa|3 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Provinsi Sumatera Selatan, terutama kota Palembang diprediksi akan mengalami kelangkaan air baku untuk kebutuhan air bersih. Hal ini disebabkan oleh Sungai Musi yang menjadi penopang air bersih sudah terancam intrusi air laut yang telah mencapai daratan

“Memang sumber air baku kita untuk air bersih tersedia cukup banyak dari Sungai Musi. Namun saat ini akibat Sungai Musi tercemar oleh intrusi air laut yang sudah sampai ke Benteng Kuto, maka sumber air baku untuk air bersih PDAM sudah terancam, ” ungkap Gubernur provinsi Sumsel, H. Alex Noerdin, Kamis (13/7).

Baca juga :  Pedomani Protokol Covid-19, Kemenag Sumsel Tetap Pantau Hilal

Untuk itu orang nomor satu di Sumsel ini mengajak semua masyarakat bersama pemerintah terkait untuk memperbaiki wilayah sehingga persoalan intrusi air laut di Sungai Musi bisa teratasi dengan baik.

“Jika kita biarkan dengan tidak memperbaiki daerah tangkapan di ulu mulai dari Kepayang provinsi Bengkulu sampai ke Sungsang akan rusak lingkungan tersebut, itu lebih bahaya dari pada kebakaran hutan,” ujar mantan bupati Musi Banyuasin dua periode

Selain itu, Ia juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan agar kerusakan alam tidak terjadi, selain itu masyarakat diharapkan agar tidak membelakangin sungai jika membangun rumah.

Baca juga :  Kunker ke Desa Panang Jaya, Deru Janji Bangun SMK dan Pesantren

“Jangan membelakangi sungai kalau membelakangi sungai pasti isi dalam wc tersebut akan dibuang ke sungai, harusnya rumah itu menghadap ke sungai dan untuk wcnya kita akan buat comunal itu salah satunya usaha kita mencegah kerusakan di sungai,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita