oleh

Joko Iman Sentosa Klarifikasi Keterlambatan Gaji PNS

Kolom:Peristiwa|15 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan saat ini tengah resah, pasalnya gaji yang biasanya diterima pada tanggal satu setiap bulannya hingga kini mengalami terlambat pembayaran.

Terkait hal tersebut, Plt Sekretaris Daerah provinsi Sumsel, Joko Imam Sentosa mengatakan keterlambatan ini dikarenakan setiap  tanggal 1 libur dan tanggal 2 bulan  Januari masih cuti bersama dan tanggal 3 ada pelantikan seribu pejabat, dan juga penambahan 10.000 pegawai baru dari kab kota.

“Selain hari libur ada beberapa faktor lainnya, seperti nomenklatur sehingga ada penyusunan kembali struktur sejak tahun 2016. Namun kita sudah memberikan surat edaran kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengenai keterlambatan pembayaran gaji,” jelas Joko di Ruang kerjanya, Rabu (04/01).

Baca juga :  UIN Raden Fatah Akan Deklarasi Pancasila dan Bela Negara

Dikatakannya, penyesuaian berdasarkan nomenklatur berdampak pada keterlambatan pencairan gaji, juga ada dinas baru terbentuk dan penambahan dinas baru.

“Jadi perubahan struktur yang dilakukan serta masa peralihan yang ada baik diahir tahun mapun awal tahun 2017, belum lagi ada penambahan dinas tentu akan berdampak terhadap proses pencairan gaji PNS,” ujarnya.

Lanjutnya, saat ini ada 1.154 pejabat baru dilantik dan dalam menyusu  administrasi kerja dan daftar gaji. Saat ini di Pemprov Sumsel dari 19 Dinas dan 8 Badan berdasarkan nomenklatur menjadi 28 Dinas dan 6 Badan.

Baca juga :  Fraksi PAN Banyuasin Walk Out

“Mereka saat ini sedang menyusun bendahara, PPATKnya, pembuat daftar gaji semua sedang dalam proses. Mudah-mudahan dalam waktu secepatnya seluruh gaji PNS dilingkungan Pemprov Sumsel akan segera cair, seiring dengan terselesaikannya kepengurusan masalah administrasi di masing-masing SKPD,” harapnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita