oleh

Kemenko Maritim Tinjau Pembangunan Integrated Cold Storage di Muba

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|28 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Upaya Kementerian koordinator bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) dalam mengoptimalkan potensi ekonomi kelautan serta pemanfaatan hasil sumber daya laut agar dapat mendongkrak perekonomian daerah dalam mensejahterahkan rakyat terus digiatkan.

Untuk itu, Kemenko Maritim melakukan koordinasi, mensinergikan dan memonitor serta pengendalian terkait kebijakan yang implementatif yang bisa dijalankan dalam waktu dekat dan sederhana

Salah satunya dengan membangun Integrated Cold Storage atau gudang beku sebagai sarana dan prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan. Hal ini sejalan dengan program pembangunan nasional, yang penggunaan dananya dari dana Tugas Perbantuan (TP) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ke Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi/kabupaten/kota.

Baca juga :  KEK TAA di Sumsel Segera Terwujud

Khususnya untuk di provinsi Sumatera Selatan, pembangunan Integrated Cold Storage yang berskala kecil yang berlokasi di PPI PUS Sungai Lilin Desa Teluk Kemang kecamatan Sungai Lilin kabupaten Musi Banyuasin ini pun mendapat perhatian oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman karena di satu untuk di luar kota palembang.

Dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi Integrated Cold Storage, Asisten Deputi Sumber Daya Mineral, Energi dan Non Konvensional, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Amalyos Chan diharapkan nantinya Integrated Cold Storage ini menjadi Percepatan program proyek strategis nasional.

yang bertujuan sebagai bentuk hilirisasi dalam pengelolaan sumber daya alam seperti ikan yang nantinya dapat menjadi sebuah pengembangan bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca juga :  Akibat Miras, Abil Nekat Membegal

selain itu juga peninjauan ini untuk melihat langsung proses penyelesaianya sehingga apabila terdapat kendala, khususnya terkait pemenuhan pasokan listilriknya dapat segera diatasi dengan bantuan dari semua pihak terutama pemerintah daerah.

Dipilihnya sungai lilin,Muba ini juga merupakan lumbung ikan di sumatera selatan yang setiap tahunnya mampu menghasilkan 30 ribu ton yang diharapkan cold storage ini mampu menampung 30 ton dengan rata rata abs perharinya sebanyak 3 ton.

Selain itu, dikatakan Amalyos Chan pembangunan ini bisa meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mngolah ikan yang ada. “Ikan akan lebih tahan lama, jadi bisa disimpan di Integrated Cold Storage, jadi harga dipasaran tidak bisa dimainkan dan bisa ditekan serta bersaing,” ujarnya.

Baca juga :  Segera Diresmikan Presiden, Menhub Budi Cek Kesiapan Bandara Silampari

Meskipun adanya penghematan anggaran (self blocking) dari pemerintah pusat, namun program ini masih akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Ada enam jenis sarana dan prasarana yang akan dibangun setelah self blocking yang tersebar di 61 kabupaten/kota dan 19 provinsi yakni, yang pertama Integrated Cold Storage 17 unit (dalam skala besar dan skala kecil), Single Cold Storage 17 unit, Ice Flake Machine (skala besar) 13 unit, Gudang Rumput Laut 6 unit, Pabrik Rumput Laut 9 unit dan Pabrik Tepung Ikan 3 unit. (juwita)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita