oleh

Kementerian PUPR Tanam Pohon Di Jakabaring

Kolom:Budaya, Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-71, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan penanaman pohon serentak di 34 Provinsi di Indonesia.

Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel), penanaman pohon secara simbolis dilakukan di Kota Palembang, tepatnya di Jakabaring Sport City (JSC) atau dekat venue panjat tebing. Dilokasi ini, sebanyak sebanyak 100 pohon yang terdiri dari pohon bungur dan mahoni ditanam.

Staf khusus Kementerian Pekerjaan Umum bidang sumber daya air, Firdaus Ali mengatakan tujuan dari penanaman pohon tersebut untuk memperbaiki lingkungan yang ada, dan disampaikannya juga bahwa di Indonesia ada gerakan nasional penyelamatan air yang terdiri dari gabungan delapan kementerian.

Baca juga :  Desa Ngestiboga 1 Mura Jadi Desa Percontohan Ketahanan Pangan

Firdaus Ali menambahkan ditahun 2016 ini, sebanyak 361.202 pohon ditargetkan akan ditanam ‎diseluruh Indonesia. Sebagai catatan hingga bulan oktober sudah tertanam 160.195 pohon.

Maka dari itu, Firdaus yang juga Dosen Universitas Indonesia (UI) berharap agar setiap masyarakat yang ada harus menjaga keberadaan pohon dan sangat diharapkan bisa menanam pohon,
“Kegiatan hari ini juga merupakan rangkaian dari Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati pada tanggal 28 November lalu, pada tahun ini puncak peringatan diadakan di greenbelt kebun raya Samosir (danau toba) ” kata Firdaus didampingi Asisten III Pempov Sumsel, Akhmad Najib saat diwawancarai di lokasi kegiatan , (1/12).

Baca juga :  Dukung Polda Sumsel, Herman Deru Ingatkan Larangan Bawa Sajam

Sementara, Kepala PUBM Sumsel, Ir. Syaiful Bahri mengatakan penanaman pohon juga telah dilakukan pelaksanaanya sepanjang tahun yaitu oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWS) VIII pada bulan Maret 2016 di Desa Sukabumi Kabupaten Oku Timur sebanyak 1.000 pohon, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang sebanyak 595 pohon termasuk juga di Babel dan lampung.

Sama seperti yang diungkapkan Ali Firdaus, Syaiful juga berharap dengan dilaksanakannya penanaman pohon ini, sumber daya air dapat dilestarikan dan mampu memberikan ruang resapan bagi air guna mencegah terjadinya erosi dan banjir.
“Seperti kita ketahui bersama bahwa pohon sangat banyak manfaatnya untuk kehidupan kita, selain menyediakan oksigen pohon juga sebagai penyimpan air,” Pungkasnya.
(Sibawaihi)

Baca juga :  Menuju UHC, BPJS Kesehatan Manfaatkan Data Kependudukan yang Belum Jadi Peserta JKN-KIS

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita