oleh

Ki Edi Susilo : Menangkan Pancasila, dan Jadikan Kurikulum Pendidikan

Kolom:Peristiwa|38 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ki Edi Susilo pengurus pusat Himpunan Keluarga Taman Siswa (HIMPKA) merasa prihatin atas situasi kondisi bangsa Indonesia hari ini, keberagaman dan Kebhinekaan bangsa terusik dengan munculnya sentimen sara ditengah masyarakat, sabtu (20/5)

Hal ini akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bernegara, untuk itu ia meminta pemerintah untuk mengambil langkah – langkah strategis mengembalikan semangat persatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia, dengan berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara, ujarnya saat di wawancarai.

Memperkuat ketahanan bangsa dengan menanamkan nilai – nilai Pancasila ke dalam kurikulum pendidikan sejak dini menjadi sangat penting, melalui pendidikan dipasok kesadaran berbangsa dan bernegara serta mengerti tentang arti falsafah yang terkandung dalam Pancasila.

Baca juga :  2.000 Pelajar Ramaikan Perkemahan Pramuka Gema Muhamadiyah ke XV se-Sumsel

Saya sebagai orang Taman Siswa terpanggil dan bertanggung jawab terhadap generasi bangsa ini, untuk itu saya bersama teman – teman akan terus memperjuangkan kepada pemerintah agar pendidikan kebangsaan di ajarkan di siswa sekolah.

Tantangan dan hambatan dalam kontek demokrasi liberal saat ini, bisa di jawab ketika kita secara utuh memahami Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman membangun bangsa. dan ketika Pancasila dan UUD 1945 dijalan secara murni dan konsekuen akan mengikis kesenjangan sosial yang begitu tinggi saat ini di masyarakat.

Baca juga :  Progres Tol Kapal Betung dan Jembatan Musi VI Tidak Terkendala Covid-19

Data yang dipaparkan oleh Oxfam dan Infid menyebutkan empat orang terkaya di Indonesia memiliki harta setara dengan harta 40% penduduk atau 100 juta orang termiskin di Indonesia. Juga disebutkan bahwa sebanyak 49 persen dari total kekayaan Indonesia dikuasai hanya oleh 1 persen warga terkaya. Sementara 51 persen sisanya diperebutkan oleh 99 persen penduduk.
Untuk itu, melalui hari kebangkitan nasional Ki edi mengajak seluruh komponen bangsa untuk memenangkan Pancasila untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tegasnya.

Baca juga :  Bahas LRT Sumsel, Gubernur Diminta Menjadi Narasumber Economic Challenges

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita