oleh

Kompentensi Tenaga Kerja Kita Lebih Rendah, Apindo Akan Buat Pelatihan

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|10 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), merupakan sistem perdagangan bebas atau Free Trade antara negara-negara ASEAN. Indonesia yang menjadi salah satu anggota MEA pun harus ikut berkompetisi untuk tidak kalah dalam pasar global, hal itu disampaikan oleh Sumarjono Saragih selaku Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumsel pada acara dialog Interaktif yang diadakan di Pitstop simpang bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. (14/10)

Lebih lanjut, Sumarjono Saragih mengatakan, MEA itu sudah dari dulu berkompetisi dalam pasar global. Jadi negara yang tergabung dalam MEA ini harus merubah diri, dengan pola pikir bekerja dengan efisien, teguh pendirian dan kepatuhan komitmen ekonomi yang efektif berdasarkan aturan.

“dan seharusnya pemerintah mempermudah perizinan, sederhana, cepat, dan membuat pelatihan-pelatihan kepada masyarakat atau tenaga kerja agar dapat bersaing dan berkompentensi agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing akan akan datang. Bila dilihat sekarang kompetensi tenaga kerja kita tingkat daya saingnya kurang dibandingkan dengan tenaga kerja asing”.

Ditambahkannya, Setiap orang harus meng-upgrade diri, kalau tidak akan kalah dalam kompetisi ini. Target kedepan Apindo sebagai asosiasi pengusaha akan selalu mencari peluang yang lebih efisien dan akan merekrut orang-orang yang mempunyai keterampilan atau kami yang akan membuat pelatihan sendiri untuk masyarakat supaya tidak kalah dengan pasar global, tegasnya. (desta)

Baca juga :  Forum CSR Diminta Tak Boleh Kaku

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita