oleh

Korban Kebakaran Tangga Buntung Dapat Bantuan Sewa Rumah Selama 6 Bulan

Kolom:Peristiwa|7 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumsel, Herman Deru meninjau langsung lokasi terjadinya kebakaran di pemukimanan padat Jalan Ki Gede Ing Suro, Lorong Serengam I, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Sabtu (08/08).
Selain melakukan peninjauan, sejumlah bantuan pun diberikan. Dimana bantuan itu berupa paket sembako, obat-obatan, pakaian, serta perlengkapan sekolah untuk anak-anak.
Menurut Gubernur Deru, kedatangannya tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia serta rasa tanggung jawabnya sebagai kepala daerah.
“Disaat ada masyarakat yang tertimpa musibah seperti ini, kita sebagai pemerintah harus memberikan kenyamanan, terutama kenyamanan batin. Yang harus diingat adalah kita harus sabar dalam menghadapi cobaan ini. Rasa syukur kita kepada tuhan jangan pernah hilang,” kata dia.
Dia mengatakan, bantuan yang saat ini diberikan merupakan bantuan awal yang bersifat darurat.
“Kita ingin semua yang sifatnya darurat bisa diatasi lebih dulu. Termasuk makanan, obat-obatan, pakaian dan alat sekolah. Pendidikan anak-anak juga jangan sampai terhambat, untuk itulah bantuan perlengkapan sekolah ini kita berikan,” tuturnya.
Sementara untuk pembangunan kembali tempat tinggal para korban yang terdampak kebakaran, ia mengatakan masih akan menunggu program yang akan diberikan Pemkot Palembang.
Namun, sembari menunggu program dari Pemkot, dia memberikan bantuan biaya sewa rumah selama 6 bulan untuk 27 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kebakaran tersebut dengan total mencapai Rp81 juta.
Diketahui, setiap KK akan diberikan bantuan biaya sewa rumah sebesar Rp500 ribu per bulan, sesuai dengan yang disampaikan warga kepada Herman Deru.
“Jadi masing-masing KK diberikan bantuan Rp500 ribu per bulan selama 6 bulan, sambil menunggu program Pemkot Palembang. Nanti akan kita bantu juga untuk menata kembali tempat ini serta menghindari jangan sampai lagi kedepannya terjadi seperti ini,” terangnya.
Tidak hanya itu, dia juga akan meminta laporan dari kelurahan terkait pekerjaan korban yang terdampak tersebut.
“Kita juga meminta data korban ini untuk memperbaiki perekonomian mereka. Kalau mereka UMKM, usaha apa yang dijalankan. Kita akan membantu mencukupi agar usaha mereka kembali hidup kembali, termasuk modalnya,” jelasnya.
Sementara itu, Lurah 32 Ilir Andes Suryajaya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Herman Deru. “Kami atas nama warga mengucap terima kasih atas perhatian gubernur ini. Kami bersyukur Gubernur masih menyempatkan hadir di tengah kesibukannya,” kata dia.
Menurut dia, sedikitnya ada tiga Rukun Tetangga (RT) yang terkena musibah kebakaran ini. Diantaranya RT 09, RT 10 dan RT 37.
“Ada delapan rumah yabg memang habis terbakar dan sisanya ada yang terdampak sebagian,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Melawan Lupa, Pameran Foto Berlanjut Ke Kampus UIN Raden Fatah

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita