oleh

Korem 004 Gapo, Siap Tanggap Hadapi Bencana Alam

Kolom:Peristiwa|18 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Tidak hanya bertugas untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), prajurit TNI siap dan tanggap dalam menghadapi bencana alam, apalagi akhir-akhir ini potensi curah hujan cukup tinggi.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Komandan Korem 044/Garuda Dempo, Kunto Arief Wibowo, Jum”at (21/10). Menurutnya untuk membantu pemerintah daerah mempersiapkan mengatasi bencana alam seperti banjir, lonsor atau bencana lainnya, Korem 044/Gapo telah menyiapkan 3 SSK masing-masing SSK berjumlah 100 personil yang setiap saat siap jika dimintai bantuan menangani bencana.

Baca juga :  Tutup Bazar, Alfajri Bangga Dengan Kebersamaan Warga Kemenag

“Kita sudah siapkan kekuatan personil sebanyak 3 SSK, yang setiap saat siap diperbantukan jika suatu saat diperlukan,” ungkapnya.

Dikatakannya, hingga saat ini pihak Korem terus berkoordisai dengan pemerintah daerah dan BPBD sebagai persiapan yang langkah apa yang akan dipersiapakan jika terjadi bencana di suatu daerah.

“Untuk saat ini pasukan masih terspusat di satuan masing, kita tunggu inforasi dari BPBD sebagai pusat informasi bencana,” urainya.

Mengenai daerah mana saja yang nanti sebagai titik penting untuk ditempatkan personil TNI, Kunto menegaskan masih menunggu koordinasi dari BPBD daerah mana saja yang dinaggap rawan terjadi bencana.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Terima Hibah Alat Sensor Suhu Udara

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi mengatakan, beberapa daerah yang dianggap rawan bencana banjir dan longsor yakni Palembang, Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Empat Lawang,serta Muara Enim.

Daerah rawan banjir dan tanah longsor tersebut akan terus menjadi perhatian utama relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana), sehingga diharapkan jika terjadi musibah bencana alam bisa ditanggulangi dengan cepat dan tidak menimbulkan masalah sosial berkepanjangan.

Selanjutnya nanti para relawan Tagana baik diprovinsi maupun yang berada di daerah yang tergolong aman terjadi bencana alam, bisa dikondisikan untuk diperbantukan ke daerah yang mengalami bencana.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Bonn Challenge

” Secara umum sejauh ini wilayah Sumsel pada musim hujan, masih dalam kategori ringan, namun meskipun demikian pihaknya berupaya menyiapkan bantuan secara maskimal bersama Dinas Sosial di tingkat kabupaten/kota jika terjadi bencana alam,” pungkasnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita