oleh

Kornas Jokowi : Presiden Buktikan Janji Nawacita

Kolom:Peristiwa|3 kali dilihat

NuansaKita – Jambi : Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Rakyat Nasional (Kornas) Jokowi Jambi mengapresiasi langkah Presiden yang membuktikan janji nawacita terkait reforma agraria. “Presiden telah buktikan nawacita dalam persoalan agraria,” kata Ketua DPW Kornas Jambi, Hadi Yatullah, sabtu (11/3).

Hadi menjelaskan, Presiden telah memerintahkan untuk melakukan percepatan reforma agraria. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan membuat kebijakan peta tunggal (one map policy), legalisasi sertifikat aset lahan, redistribusi tanah bagi rakyat, dan pemanfaatan kawasan hutan bagi rakyat.

Baca juga :  Kemenag Cabut Izin Empat Travel Umroh

Janji tersebut akhirnya dilaksanakan terhadap masyarakat. Pemerintah telah memberikan akses pertanahan kepada lima Kelompok Tani Hutan (KTH) yang berada di Kabupaten Tebo, yang rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (12/03) mendatang. Ratusan Kepala Keluarga (KK) petani dipastikan memperoleh akses pertanahan seluas 705 hektare yang berada dalam kawasan hutan.

Kelima Kelompok Tani Hutan di Kabupaten Tebo yang memperoleh Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu – Hutan Tanaman Rakyat (IUPHHK–HTR) yakni Kelompok Tani Soko Tulang Desa Sungai Jernih, Maju Bersama Desa Tanah Garo, Asa Jaya Desa Lubuk Madarsah, Sarenggam Desa Sungai Jernih, dan Kasang Panjang Desa Sungai Jernih.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Bakal Usulkan Pembebasan BPHTB

Bagi Hadi, Presiden menghadirkan nawacita yang menolak negara lemah, di mana salah satunya berisi adanya jaminan kepastian hukum kepemilikan tanah, penyelesaian sengketa-sengketa tanah yang berasaskan prinsip keadilan, tiadanya kriminalisasi penuntutan kembali hak tanah masyarakat.

“Salah satu indikator kehadiran negara dalam nawacita adalah menolak negara lemah dan reforma agraria,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita